MEDIA ONLINE MAJALAHBURUNGPAS.COM, MENGUCAPKAN MARHABAN YA RAMADHAN 1438 H/2017, SIAPKAN DIRI UNTUK MENUNAIKAN IBADAH SUCI
Kembali Ke Index Berita

Suka duka pencari kroto, Nyogok Tombol Kroto keluar Ular

Rabu, 8 Februari 2012 | 15:47 WIB
Dibaca: 6955
Suka duka pencari kroto, Nyogok Tombol Kroto keluar Ular
Foto pencari ngangrang/telur kroto,nyogok tombol ngngrang keluar ular

Redaksi-majalahburungpas.com,beberapa bulan belakangan ini kalayak umum khususnya penggemar burung sering di sibukan dengan adanya informasi bahwa kroto sudah bisa di ternak oleh siapa saja dengan system ternak seperti ayam potong yang di kandangkan, berita tersebut telah menjadi topik penting di dunia perburungan yang memang membutuhkan hal itu.

Kabar gembira ini tentu saja membuat para penggemar burung ocehan berbangga hati, selain juga langsung pada mencari info yang pasti. Beberapa bulan yang lalu ketika majalahburungpas.com memuat prospek ternak Kroto, memang mendapat tanggapan yang luar biasa, bahkan redaksi kebanjiran email dan komentar lewat hasil  muatan tersebut.

Nah dari responden yang masuk atau yang membaca artikel  tentang ternak kroto sudah mencapai lebih dari 5000 (lima ribu orang pemirsa per 7 Februari 2012), dengan tanggapan tersebut, jelas bahwa ternak kroto sangat di butuhkan, selain ternak juga dapat untuk sarana melestarikan semut kroto yang sangat berguna bagi kehidupan manusia dan burung di alam atau yang di pelihara.

Muatan kali ini belum menyentuh ternak kroto, tetapi hanya membahas  bahwa pencarian kroto yang di lakukan oleh salah satu warga bernama pak Mudal dari Cerme Bantul Yogyakarta, dan sempat di pergoki hingga media ini mewawancarai se usai mencari semut kroto di halaman rumah dan hutan tersebut. Dia mengatakan sebenarnya saya ingin beternak saja,  sebab resiko mencari itu belum tentu dapat  dan sesuai yang di inginkan, bahkan juga pernah minim atau tidak dapat kroto sama sekali “kata Mudal.

Ia pun menambahkan, dalam sehari mencari kroto paling banter hanya dapat 13 ons saja, dan paling sedikit 6-7 ons, coba bayangkan mas, untuk mencari kroto, saya harus berjalan kesana kemari keluar kampung masuk hutan serta berjalan kaki menempuh jarak lebih dari 30 km tiap hari, itu pun masih beruntung bila perburuan kroto dapat sasaran banyak, rasa lega dan capek dapat terobati “ujarnya kembali.

Majalahburungpas.com saat memberondong berbagai  pertanyaan seputar suka- duka dalam mencari Kroto, Pria 45 tahun tersebut, kembali mengungkapkan,

Tentu pengalaman yang lain juga pernah saya alami dan itu mungkin sedang sial oomm, sebab saya pernah mau merontokan  tombol atau sarang kroto yang besar, justru yang keluar malah ular kobra,dengan keluarnya ular besar dan panjang tersebut, saya lantas lari, dan ini termasuk gawat, sampai saya lari terbirit-birit takut di sosor.

Anehnya mas.. tombol tersebut luarnya semut kroto, tetapi kok yang keluar ular, itu kan nggak masuk akal  “kata Mudal  yang mengalami hal itu sekitar 4 tahun yang lalu.

Yaa,  salah saya sendiri om,, waktu itu ada orang yang berpesan tombol itu jangan di sogok, ee.. saya nekat aja, sehabis itu saya batal  tak jadi cari kroto dan saya ceritakan kepada keluarga, nah salah satu anak saya justru menanggapi kasiann deh luu, tapi untung  bapak tidak di sembur, papar pria yang baru mendapat 4 ons telur kroto tersebut.  

Perburuan kroto secara kovensional di hutan yang di lakukan bapak Mudal ini, meskipun banyak resiko dan tantangan, tetapi Ia merasa senang, sebab hasil dari itu cukup lumayan sebab tahun 2012 di DIY saja per 1 kg bisa menjual seharga 100 Ribu rupiah, dan itu lebih dari hasil  ketika saya menjadi buruh bangunan yang hanya 40-50  ribu perhari.

Saya sebenarnya sudah mengimpikan agar ternak kroto dapat di ternak di rumah, sehingga saya tidak keluyuran di hutan-hutan, namun sampai saat ini karena saya masih nol informasi,  yaaa pekerjaan penuh tantangan dan resiko ini terpaksa saya lakukan agar dapat menjadi salah satu tumpuhan membiayai kebutuhan keluarga,  jadi tolong bila  ada info di kabari yaa,  pungkas Mudal menutup perjumpaan  dengan media burung online ini. “team redaksi 


Berita Terkait


1 Komentar


kicau
Minggu, 7 Oktober 2012 | 23:28 WIB
kasihan juga y yg nyari kroto mpe ktemu uler, pdhl kroto sangat pnting bwt burung ocehan, y mudah2n cara beternak kroto bisa di share disini
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Peragaan & Aksi Pramuka Menjelang Upacara HUT RI di Lapangan Munthok Dilingo in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   11658338 Page View
    Visitors   643009 Pengunjung
    Visitor Online   15 Pengunjung Online