Selamat berkarya  dengan sungguh-sungguh 'jangan lupa untuk dan sering Menengok berita berita dunia hobi dan satwa dari www.Majalahburungpas.com, dari android kamu sejak sekarang.
Kembali Ke Index Berita

Heboh di temukan mirif bunga bangkai "Apa bisa menjadi komuditi ?

Selasa, 15 November 2011 | 16:11 WIB
Dibaca: 3799
Heboh di temukan mirif bunga bangkai "Apa bisa menjadi komuditi ?
Tumbuhan bunga yang mirif dengan bunga bangkai

Bunga bangkai majalah burung pas.com, Pemirsa pernah tahu bunga bangkai ? Berikut liputan tumbuhan yang mirif dengan tanaman sejenis bunga bangkai yang kami maksud tersebut. Bunga ini mekarnya tumbuh di depan rumah Mujimin (67) tepatnya di RT 1 no 004 dusun Ceper, Wedomartani, Sleman, Yogyakarta.

Tanaman sejenis bunga bangkai ini ukurannya hanya kecil, dia meternnya hanya sekitar 20 cm dan tinggi dari ujung bawah, hingga pucuk bunga hanya sekitar 30 cm, meskipun bunga tidak sebesar bunga bangkai,tetapi bunga ini dapat menarik perhatian warga sekitar karena tumbuhan ini unik.

          Memang kemunculannya sendiri tidaklah disangka dan diperkirakan oleh Mujimin, salah seorang pekerja pabrik ini. Dia menyatakan sebenarnya dia hanya coba-coba menanam di area pematang sawah milik kakaknya, eh ternyata sudah dua tahun ini dapat hidup dan berbunga itupun baru mengeluarkan bunga sebanyak dua kali.

            Cirri-ciri  bunga tersebut memang sangat mirip dengan bunga Refflesia Arnoldi (Bunga bangkai raksasa). Dari daun ketika kuncup dan hendak merekah, kemudian bunganya yang mencul disampingnya secara fisik mirip dengan bunga bangkai, daun yang mengelilingi kuncup bunga tampak berbintik-bintik  seperti totol macan tutul. Bedanya bunga ini tidak mengeluarkan bau busuk yang menyengat sepeti halnya bunga bangkai pada umumnya.

            Salah satu rekan Mujimin yang mendampingi bernama Danang AS di kediamannya mengatakan, bahwa bunga ini memiliki kegunaan mulai dari daun, batang, hingga ubi akar dan di mungkinkan ketika di tanam dengan professional mampu tumbuh dengan maximal.

Kegunaan yang jelas menurut kalangan petani ikan darat, Jika daun dan batang yang dimilikinya itu apabila telah agak busuk dapat digunakan sebagai makanan ikan gurameh.

Sementara ubi yang dimilikinya itu dapat digunakan sebagai makanan manusia, tetapi tentu saja batangnya harus dengan digali kemudian diambil umbinya untuk masak kemudian baru dapat sebagai hidangan.

            Di akhir perbincangan dengan media ini, Mujimin mengatakan bahwa umur dari tanaman ketika di dapat baru sekitar 1 minggu an.  Mujimin juga kembali mengatakan berniat untuk membudidayakan tumbuhan ini, karena menurut para ahli  dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia,di sisi lain dengan berhasilnya tumbuh dan mengeluarkan seuntai bunga, dapat bermanfaat bagi kita “ujar Mujimin.

Saya yakin apabila hasil tanaman yang baru saya amati dan di tanam tersebut bila kembangkan lebih profesional akan ada nilai tambah, “ungkap Mujimin yang kini berusaha mencari pihak-pihak yang mau menampung hasil  budidayanya. “team red/Yunus Hs


Berita Terkait


1 Komentar


aris handayani
Sabtu, 19 November 2011 | 15:46 WIB
kalo ditempatku namanya "kembang gaceng" dan itu gak sulit nemuinya
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Perajin sangkar ukir perkutut & derkuku gunakan alat mesin in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   12287419 Page View
    Visitors   669262 Pengunjung
    Visitor Online   20 Pengunjung Online