Selamat berkarya  dengan sungguh-sungguh 'jangan lupa untuk dan sering Menengok berita berita dunia hobi dan satwa dari www.Majalahburungpas.com, dari android kamu sejak sekarang.
Kembali Ke Index Berita

Asyiknya Wiwitan Pra Panen Padi di Sawah

Kamis, 28 November 2013 | 10:40 WIB
Dibaca: 3430
Asyiknya Wiwitan Pra Panen Padi  di Sawah
ASYIKNYA WIWITAN DI SAWAH BULAK CANDRAN BANTUL 27/11/2013

Bantul-majalahburungpas.com, Panen padi yang di tandai  dengan prosesi wiwitan di bulak sawah Candran Imogiri Bantul 27 November 2013 berlangsung meriah.

Inti dari prosesi wiwitan ini merupakan bagian dari wujud syukur terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa atas keberhasilannya sehingga mereka kembali panen.

Agenda ini bagian dari pengorbitan budaya yang selama  ini sudah membudaya turun temurun, meski adat Jawa sempat kurang berpamor, sehingga Gapoktan mengangkat nilai -nilai luhur tersebut agar menjadi bagian dari keistimewaan  DIY  yang dapat  di rasa oleh para petani, demIkian di paparkan oleh Dinas pertanian DIY  Bapak Jarot, di dalam sambutannya seusai wiwitan di komplek mosium tani Indonesia.

Panen padi ini menjadi suatu kegembiraan tersendiri bagi petani, sebab 1 ubin di sawah pertanian padi ini mampu menghasilkan gabah dengan tonasi tinggi untuk per hektar sawah dengan benih padi jenis faritas padi 23.

Upacara panen padi dengan menggelar kenduri di sawah ini menyajikan 1 ingkung ayam, 13 nasi  tumpeng dan aneka Ubo rampe lainnya.

Ciri khusus wiwitan adalah nasi, sambal gepeng ikan asin, buah, tempe dan suwiran daging ingkung ayam

Prosesi wiwitan itu sendiri sebelum tumpeng di buka,  satu kompi bregodo prajurit asal Imogiri mengarak tumpeng dengan jodang dan di pikul secara rombongan hingga ke lokasi wiwit.

Setelah doa secara Islam selesai kemudian melakukan ani ani (memetik buah padi dengan alat tradisional yakni ANI-ANI pemotong leher  di gagang padi dengan tangan) "Team red"


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Juri derkuku beralih menjadi penancap lomba perkutut in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   11984994 Page View
    Visitors   656763 Pengunjung
    Visitor Online   10 Pengunjung Online