Mau tahu berita berita seputar hobi burung kicauan anggungan dan satwa > maka media zaman now www.majalahburungpas.com, jawabnya 'klik pake android kamu sejak sekarang
Kembali Ke Index Berita

Dies Natalis UGM 2017 'Pendidikan tinggi punya peran strategis dalam mencetak SDM entrepreneur

Selasa, 19 Desember 2017 | 23:51 WIB
Dibaca: 994
Dies Natalis UGM 2017 'Pendidikan  tinggi punya  peran strategis dalam  mencetak  SDM entrepreneur
PRESIDEN RI JOKO WIDODO BERSA,MA PEJABAT NEGARA LAINNYA DAN GUBERNUR DIY SRI SULTAN HB X

Jogja-media hobi majalahburungpas.com, warta info umum dunia pendidikan, Universitas Gadjah Mada tahun 2017 memasuki usia 68 tahun,  acara HUT Kampus terbesar di Indonesia ini di hadiri oleh Presiden Joko Widodo.

Presoiden menjelaskan,  menjelaskan  pemerintah saat ini  sedang  mengupayakan  untuk membangun ekosistem yang cocok  bagi pengembangan  kewirausahaan.

Lebih rinci Presiden asal Solo ini memberikan  informasi bahwa sejumlah  langkah seperti deregulasi,pembangunan infrastruktur, peningkatan  kemudahan terus upayakan.  “ Namun, ekosistem pengembangan  kewirausahaan bukan  hanya dibangun oleh pemerintah.

Pendidikan  tinggi punya  peran strategis dalam  mencetak  SDM entrepreneur yang  unggul  maupun  dalam menghasilkan  karya riset yang inovatif  yang mendorong  kewirausahaan.”  Ucap Presiden  pada peringatan  Dies Natalis ke-68 UGM, di Kampus UGM Yogyakarta, Selasa (19/12/2017).

Presiden  menekankan  aktivitas kewirausahaan tidak  semata  mengejar keuntungan  bagi perusahan, tapi  juga melahirkan  manfaat   bagi masyarakat .  “ Di kalangan  anak muda  telah  banyak  yang menjadi  sosiopreneur,yaitu  memecahkan  masalah social  melalui cara-cara  kewirausahaan.

Misalnya  memfasilitasi  interaksi antar guru serta antara guru dan murid dengan membangun  aplikasi namanya  Ruang Guru,”  ujarnya memberi  contoh.Hadir dalam acara tersebut, Ibu  Negara Iriana  Joko Widodo, Sekretaris  Kabinet Pramono Anung,Kepala Staf Kepresidenan Teten  Masduki,Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X..

Menteri  Sekretaris Negara  yang menjabat  sebagai Ketua  Majelis  Wali Amanat UGM Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi,Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi M.Nasir,Kapolri  Jenderal  Polisi  Tito  Karnavian,Gubernur  Jawa Tengah Ganjar Pranowo,Gubernur  Lemhannas Agus Widjojo dan Sekjen  Keluarga Alumni Univeritas  Gadjah Mada (KAGAMA) Ari Dwipayana.

Terkait hal itu, Presiden  Joko Widodo berharap  agar  perguruan tinggi  mampu  meningkatkan peranannya  dalam turut serta membangun ekosistem kewirausahaan  dan menyiapkan  para  sociopreneur baru."Jangan terjebak pada rutinitas.

Dies Natalis UGM ke 68 tahun 2017 ini Presiden RI Joko Widodo’  menyampaikan agar Universitas Gadjah Mada harus melakukan cara-cara  terbaru untuk dapat lebih dikembangkan sehingga ini sinergi dengan keinginan mahasiswa  untuk berinovasi selain harus   ditumbuhkan.

Lebih lanjut presiden  dalam kuliah terbuka ini memperjelas, bahwa kreasi-kreasi baru harus  difasilitasi  serta dikembangkan,para  sosiopreneur yang memecahkan masalah di masyarakat harus didukung” kata Presiden.

Langkah peningkatan  peran tersebut di antaranya  dimulai  oleh  perguruan tinggi dengan menyediakan fasilitas  pendukung berupa  co-working space sebagaimana ditemui dalam kantor –kantor  perusahaan starup yang kini  mulai marak.

Dalam co-working space ini,  para mahasiswa  dan  dosen  saling bekerja sama  menciptakan inovasi -inovasi,” tuturnya.Bahkan dalam  perkembangannya,co-working space tersebut dapat berkembang  menjadi  creative di mana  fasilitasnya bukan hanya sebagai tempat kerja bersama, tapi  juga membantu berjejaring dengan para  inovator lain, mencarikan sumber pembiayaan,membantu  untuk  mengembangkan jaringan pemasaran.

Presiden  mengakui , hal itu membutuhkan biaya.Namun,  ia menyebut   tidak semuanya  dibiayai  perguruan tinggi. Perguruan tinggi dapat menjalin  kerja sama  dengan perbankan dan perusahaan-perusahaan.

Artinya,  perguruan tinggi harus menjadi bagian dari  ekosistem nasional dalam pengembangan kewirausahaan.Cara kerja  perguruan tinggi harus inovatif,pendidikan harus  dilakukan dengan cara inovasi dan kreativitas,” ucapnya.

Presiden  menyadari  bahwa bekerja  dengan  menemukan cara-cara baru bukanlah sesuatu yang mudah.Namun,ia menyadari UGM dan perguruan tinggi lainnya mampu  mengemban tugas besar.

Presiden berharap  agar  UGM mampu menjadi  contoh untuk perubahan  besar dalam  pendidikan tinggi yang menjawab tantangan  IPTEK  dan perubahan zaman. ” Selamat  ulang tahun  ke- 68  Universitas  Gadjah Mada. Dirgahayu untuk kemajuan negeri tercinta,”ucapnya.'isan riyanto


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Wtb bird farm wisata edukasi dan hobi in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   14250243 Page View
    Visitors   739338 Pengunjung
    Visitor Online   15 Pengunjung Online