majalahburungpas.com portal hobi dan umum update ragam warta, hobi burung, satwa, wisata, umum dan video, klik via hp kamu mulai sekarang juga, twitter @majalahburungpas, Jangan ketinggalan hari gini belum tahu majalahburungpas.com Apa kata Dunia ???
Kembali Ke Index Berita

Stroofom bekas bermanfaat untuk buat mesin tetas telur ayam

Kamis, 19 April 2012 | 11:01 WIB
Dibaca: 12602
Stroofom bekas bermanfaat untuk buat  mesin tetas telur ayam
mesin penetas dari strofoom /gabus

Artikel ilmiah, majalahburungpas.com seputar alat penetasan telur, Alat penetasan telur ayam, lazim di buat dari rangkaian besi dan plat hingga membentuk kotak, namun berbeda dengan alat yang ada di muatan ini justri box terbuat dari strofoom (Gabus berwarna putih)  Kotak warna putih lebar 35x tinggi 275 panjang 50 cm ini awalnya dari bekas obat, namun bapak Agus menyulap menjadi kotak mesin penetas terlur.

Alat ini nampak cukup sederhana namun dapat bermanfaat  dan ekonomis, sebab pembuatannya tak memakan waktu panjang  selain juga multi pungsi untuk menetasakan berbagai telur ayam itik burung bahkan yang lain juga bisa.

Penggagas Ide Aguswarsito mengakui ketika keuangan mepet jangan sungkan untuk mencari inovasi bahkan jangan pernah sepelekan barang bekas bila dapat di gunakan sebagai alat yang dapat membantu produksi kata Agus ketua HIPPAPI Bantul tersebut.  

Peternak ayam Pelung tersebut menambahkan, Keistimwaan alat ini jelas ringan serta irit listrik karena hanya membutuhkan 5 watt. Sedang penggunaan mesin tetas dengan kotak yang kita beli di toko  memerlukan sedikitnya 4 lampu.  Barang srofoom dari kotak obat ini dalam merakit  Peralatan  di butuhkan hemat tenaga, wartu dan biaya “lontar  Agus.

Beragam rangkaian untuk merakit, seperti lampu, kabel, lem gabus, fiting balon, termometer, otomatis suhu dan rak dari kayu untuk tempat telur dan bak atau nampan plastik untuk kelembaban adalah alat yang musti di sediakan dan di rangkai secara khusus.

Pembuatan kotak strofoom tersebut, juga di lengkapi pentilasi untuk keluar masuk udara dengan agar dalam rungannya tidak panas dan bisa ganti udara. Untuk pengaturan suhu di butuhkan setelan sekitar 38-39 derajat cecius.

Agus kembali berurai, masalah yang perlu mendapat perhatian adalah ventilasi yang berimbang atau sesuai luas dalam kotak tersebut perlu mendapat perhatian. Biaya untuk membuat rangkaian sangat murah sebab gabus atau strofoom hanya seharga Rp. 15 ribu.

Total biaya plus tenaga bila di kalkulasi komplit sekitar Rp. 150 ribu dan ini lebih murah dari pada pembelian kotak mesin tetas dari toko yang  akan tembus Rp. 300 san Ribu rupiah.  Meskipun memilki kelebihan tetapi dalam wajib di tempat yang kering, karena gabus ini akan leleh bila kena minyak atau api. Untuk pengaturan pentilasi di samping dapat di buat  4-6 buah namun menyesuaikan keadaan ‘ Kata ketua Hippi bantul tersebut.

Ketika majalah elektronik ini mengamati, Agus bergegas menjawab bahwa ini masih uji coba namun kotak sudah di isi telur dan sudah 10 hari,  menariknya embrio sudah terdeksi walaupun umur baru 9 hari.

Terkait  Hippapi kami berencana akan menggelar lomba pelung  lokal DIY tetapi tidak menututp kemungkinan akan di gelar berkelas nasional,  namun saat ini kami sedang tarap negoisasi dengan dinas dipertahut Bantul dan ternyata di sambut positif “pungkas Agus.    


Berita Terkait


6 Komentar


gold singgih
Selasa, 14 Agustus 2012 | 17:02 WIB
Salam kami menawarkan thermostat merek cemani. harga 75 ribu. double bonus thermometer dan buku panduan membuat mesin tetas semi otomatis dengan sistem rak putar. segera hubungi gold singgih di 082137344780
Balas
ADI TAKARI
Senin, 24 Februari 2014 | 12:51 WIB
Selamat siang Mas.... kami ber minat sama thermostatnya harga 75000. sdh satu paket sm buku ya. ongkirnya berapa?. Terima kasih.
Balas
adjie
Minggu, 23 September 2012 | 10:33 WIB
ide yang bagus pak, saya juga kepengen buat sendiri menggunakan kardus/setreoform kayak pak agus, tengs info nya ya pak :)
Balas
risanti
Kamis, 20 Desember 2012 | 13:18 WIB
ide bagus, yg pasti efisien dlm hal biaya dan sumber daya panas ( listrik ) ada step by step ga pak cara membuatnya. saya piara ayam kampung dengan banyaknya babon yang saling rebutan mengeram dl 1 kotak alamat hippapi di bantul pundi nggih ? arsinta_littlesister@yahoo.co.id wates kulon progo
Balas
fingku S.m
Senin, 11 November 2013 | 00:37 WIB
cara putar telurnya gimana mas apa perlu di buka tutupnya.
Balas
Kang Ucup
Jumat, 6 Juni 2014 | 06:34 WIB
sangat menginspirasi Pa, kalau saya saat ini menggunakan mesin tetas buatan sendiri dari triplek dan kayu reng. nggak kepikiran menggunakan stereoform juga bisa. kreatif sekali :) salam kenal ya Pak :)
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Suara burung produk Acc Oktober 2014 in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   5296473 Page View
    Visitors   376694 Pengunjung
    Visitor Online   13 Pengunjung Online