Di hari raya yang penuh kedamaian ini keluarga besar media majalahburungpas.com, baik staf dan wartawan mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1438 H/2017,
Kembali Ke Index Berita

Ayam pelung bisa menjadi daya tarik Wisata ?

Minggu, 22 Januari 2012 | 21:46 WIB
Dibaca: 3837
Ayam pelung bisa menjadi daya tarik Wisata ?
PENGURUS HIPPAPI YANG DI KUKUHKAN KEPALA DINAS DIPERTAHUT BANTUL 22/01/2012

Bantul - Majalahburungpas.com, warta lomba ayam pelung  gelaran Hippapi  Kabupaten Bantul cukup meriah selain di padati penonton. Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Bantul, Ir Edy Suharyanto MM atas nama Bupati Bantul Sri Suryawidati mengukuhkan Pengurus Himpunan Peternak Penggemar Ayam Pelung Indonesia (HIPAPPI) Bantul periedo 2011-2014, Minggu, 22/01.

Tampak dalam foto ini, Ia mengatakan, semakin terus berkembangnya budidaya ayam pelung kini saatnya peternakan ayam pelung untuk dikembangkan sebagai sarana wisata,depan wisatawan yang datang ke Bantul tidak hanya berwisata di pantai Parangtritis  akan tetapi juga dapat berwisata dengan mengunjungi peternakan.

Lebih jauh Edy menceritakan  setahun lalu saat melakukan kunjungan kerja di Pare-Pare Sulawesi Selatan, rombongan dari Dinas Pertanian dan Kehutanan Bantul diajak pemerintah setempat untuk meninjau lokasi peternakan serta pasar ternak unggas khususnya ayam ketawa.

Di pasar tersebut ternyata sangat ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari berbagai daerah. “Saya sangat terinspirasi tentang hal ini dan saya sangat tertarik untuk mengembangkan ayam pelung sebagai sarana wisata.Sehingga nantinya Bantul nantinya menjadi tujuan wisata peternakan” tutur pria yang aktif di organisasi Muhammadiyah ini.

Untuk mengembangkan serta menunjukkan kesungguhan dalam mengembangkan peternakan ayam pelung pihaknya berjanji akan menfasilitasi berbagai kebutuhan seperti promosi hingga pendanaan. Oleh karenanya Dinas Pertanian Dan kehutanan Bantul dalam APBD-dalam  Perubahan nanti kami  akan mengusulkan agar ada anggaran untuk peternak ayam pelung dalam untuk menunjang dunia pariwisata di Bantul.

Dalam kesempatan tersebut, Edy juga menyampaikan bahwa pemerintah Bantul saat ini sedang memikirkan serta mengupayakan cara pengembangan- biakan ayam pelung agar bisa berkembang lebih cepat. Misalkan dengan sistem perkawinan suntik (ib).

“Saya berharap dengan semakin banyaknya peternakan Ayam Pelung nantinya Bantul bisa menjadi salah satu sentra pengembangan budidaya ayam Pelung. Selain itu Bantul nantinya dapat menjadi satu-satunya daerah yang memiliki sarana wisata tentang peternakan ayam Pelung dan lomba seni suara alamnya”  “ujarnya kepada majalahburungpas,com ini.

Sementara itu Sekretaris Camat, kecamatan Pandak Prapto Nugroho, < foto di samping juga menyatakan siap memberi dukungan serta motivasi dengan telah dikukuhkan pengurus HIPAPPI Bantul.

Apalagi HIPAPPI Bantul selalu aktif mengelar kontes ayam Pelung yang selalu diadakan di wilayah kerja Kecamatan Pandak.

Prapto menambahkan dengan adanya kepenggurusan HIPAPPI  ini nanti diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan peternak ayam pelung di Pandak khususnya dan bantul pada umumnya.

Ketua HIPAPPI Bantul Agus Warsito dalam kesempatan tersebut menyampaikan kepengurusan HIPAPPI Bantul terbentuk melalui musyawarah yang diadakan pada 1 Desember 2011. Sehingga HIPAPPI Bantul merupakan organisasi peternak pelung termuda di Indonesia.

Dengan telah dikukuhkannya penggurus HIPAPPI Bantul, Agus juga berharap kepengurusan ini dapat berjalan sesuai relnya. Ke depan ia bersama pengurus lainnya berjanji akan selalu menjalankan program kerja yang telah disepakati bersama guna kemajuan dan berkembangnya peternakan ayam pelung.

Lebih lanjut Pidato Bapak Dipertahut Bantul ini dapat di lihat dalam liputan visual dengan membuka Pas TV  "Anjar

 


Berita Terkait


1 Komentar


idayanto nugroho Gunungkidul
Rabu, 22 Februari 2012 | 20:32 WIB
Ayo maju terus pengemar ayam pelung biar lebih gayeng. salam sukses selalu
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Perkutut diamond lingkaran mata merah in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   11830002 Page View
    Visitors   649036 Pengunjung
    Visitor Online   14 Pengunjung Online