majalahburungpas.com portal hobi dan umum update ragam warta, hobi burung, satwa, wisata, umum dan video, klik via hp kamu mulai sekarang juga, twitter @majalahburungpas, Jangan ketinggalan hari gini belum tahu majalahburungpas.com Apa kata Dunia ???
Kembali Ke Index Berita

Cupu panjolo di buka gambarnya mengejutkan

Selasa, 18 September 2012 | 10:33 WIB
Dibaca: 3719
Cupu panjolo di buka gambarnya mengejutkan
Ingkung dalam prosesi pembukaan cupu panjolo

Majalahburungpas.com - halaman seni dan budaya Senin 17 September 2012 di Padukuhan mendak Giri sekar pangang Gunungkidul di sibukan dengan upacara adat pembukaan Pusaka Cupu Panjolo, Acara sejak sore sudah di datangi warga dari berbagai kalangan serta dari berbagai tempat di gunungkidul dan Yogyakarta, bahkan ada yang luar dari DIY.

Menginjak sore hari lokasi terus menjadi jujugan para pengunjung sehingga jam 23.00 wib lokasi penuh baik pelataran,dan jalan menuju lokasi, bahkan di dalam rumah tempat membuka cupu juga penuh sesak dan terasa padat.

Para panitia sekitar jam 22.00 wib  mengumpulkan nasi dan ingkung ayam di depan Cupu panjolo yang ada di kamar dan masih tertutup rapat kain putih.

Usai ubo rampe di siapkan ingkung ayam siap saji di keluarkan untuk di makan namun dengan terlebih dahulu di bagi –bagi di dalam piring lengkap dengan nasi, toge, bijih lamtoro dan suwiran ikan jawa atau semula ingkung ayam tersebut. Dalam rumah ini semua pengunjung yang jumlahnya ratusan bisa makan bersama 1 piring satu orang.

Bagi para pengunjung yang tidak mampu menghabiskan nasi itu banyak yang membungkusnya sebagai tanda oleh oleh keluarga. 

Juru Doa juga mengirigi acara makan ini di samping membeberkan 53 orang adalah yang punya hajat dan sukses sehingga ikngkung ingkung tersebut yang membawa adalah yang punya hajat, Sedang 38 orang juga punya hajat namun masih dalam tahap –tahap awal dan belum memakai ayam.

Usai makan di tahap awal peserta nunggu racikan yang kedua sehingga dalam beda jam peserta di dalam rumah ini kembali makan, bedanya hanya satu piring untuk dua orang atau dapat  di sebut dahar kembul yang berbeda dari semula.

Prosesi selanjutnya sambil menunggu acara puncak yakni pembukaan Cupu panjolo, maka peserta banyak yang saling bersenda gurau sambil berkenalan, tak luput dari sorotan kameramen, juru kunci dan panitia yang berpakaian adat Jawa berblangkon memakai keris dan atribut lainnya juga menjadi incaran wartawan berbagai media cetak dan elektronik untuk di abadikan di medianya masing masing.

Di tengah tengah masa ini juga terlihat ada dalam kolom kotak yang berisikan tamu undangan seperti DPRD, Pariwisata, camat dan lainnya untuk menyaksikan jalannya prosesi ini dan menjadi pusat sorotan mata memandang selain blizt kamera yang bertebaran.

Setelah menunggu cukup lama barulah buntalan berkain putih di gotong dari kamarnya,sedang buntalan itu di bawa dekat tamu undangan VIP untuk di buka.

Terpantau tepat jam 01.20 menit Cupu panjolo yang berbungkus kain mori/kain putih dapat di mulai di buka dengan hasil cukup mulus dan tak ada tanda tanda atau gambar yang dapat di baca panitia berseragam Jawa lurik biru tersebut.

Satu demi satu 3 tali kain mori penutup pusaka di buka dengan seksama. Dan Bagian (1) apa yang di lihat, eeh terdapat kain sepertiga atau selimut kering, (2) sedang Sisi barat ada gambar orang sedang melangkah pakai jas menghadap ke timur sambil melangkahkan kakinya.

(3) Sisi wetan tengah ada gambar lingkaran, (4) sisi lor ada gambar kendi 5) (6) sedang wetan ada gambar gunung yang di atasnya ada asapnya,(7) juga ada gambar gunung kainnya nglemek.

(8) sisi brat ada pulau sumatera yang terbalik, (9)dan yang satunya selimut selembar trotol / bercak dan kotor,(10) sebelah barat ada gambar wayang sisi (11) kulon tengah ada gambar sorot matahari, (12) wetan ada darah.

13) kain selanjutnya yang selembar ngemek, (14) sisi kidul ada gambar orang matanya besar melotot berkumis ( hanya tampak kepala ) (15) sisi wetan ada gambar kumbokarno, dalam urutan kain yang terdapat pulau sumatra terbalik dan mata melotot peserta tepuk riuh, pengunjung bergurau dan menebak nebak kelak apa yang akan terjadi sehingga suasana makin gaduh dan ramai.

(16) Kain selimut separuh utara bersih separuh trotol garing / kering sisi barat ada angka 3, (17) sisi wetan ada gambar banyak / angsa menghadap ke selatan, (18) dan ada huruf M diatas di bawah huruf M ada tulisan arab terbaca alif atau angka 1.

(19) sisi lor ada anak berambut gimbal, (20) sedang wetan ada pasir dan merang pari ( padi yang sudah tidak ada padinya ) (21) sisi kidul ada gambar wayang kunti, (22) untuk sisi wetan ada wayang wisanggeni,  (23) sisi kulon ada gambar kodok menghadap ke selatan.

(24) Kulon ada darah segar, (25) wetan ada rambut pendek, (26) kidul ada gambar kolojengking,(27)  lor kulon ada angka 3.

( 28) kidul wetan ada naga barong sae, (29) kemudian selimutnya nglemek dan basah, (30) lanjutnya kain nglemek selembar garing dan (31) nglemek/basah lagi, (32) sebelah wetan ada huruf C, (33) kidul kulon ada gambar rambut gelung ada srempang, (35) sebelah ada kates jinggo,  wetan ada monyet menghadap ngidul noleh ngulon.

(36) Selanjutnya pakaian badong, (37) sisi utara ada serat kayu lor ada cuilan kertas,(38) selanjutnya ada tulisan arab alif arab bawahnya ada huruf 3, (39) selimut kain nglemek lagi, (40) lor kulon ada wujud kulit kayu ijo,  (41) kidul ada gambar tengkorak orang besar menghadap ke selatan.

(42) kidul ada tembakau rajangan, (43) kidul sisih wetan ada gambar orang tua nampak menghadap ke selatan, (44) lor ada daun cengkeh kemudian kain putih komplit kotor.

(45) sebelah barat ada peta pulau jawa,  (46) sebelah wetan ada wajah buto ijo siap menerkam, (47) ada rambut gimbal, (48) sisi barat ada gambar nanah kental, menghitam,

(49) Sebelah selatan ada burung kecil berparuh panjang.

(50) Ada suku dayak dan wanita berjajar ( kurang jelas ) (51) sisi barat ada angka 3, (52) sisi kulon kidul ada lombok, (53) sisi kidul ada huruf M, (54) kidul ada gambar hewan kupu,  dalam penampakan gambar kupu ini peserta riuh ramai dan tertawa sebab ada yang kurang jelas dan mengira gambar pupu atau paha wanita, (55) Sisi selatan ada secuil plastik.

“keterangan saat mori di buka yang tidak lain adalah sebagai penutup cupu panjolo terbagi 4 penjuru yang bertugas, yaitu selatan (kidul) Wetan (Timur), Barat (kulon) utara Lor).

LIPUTAN VISUAL ATAU GAMBAR GERAKNYA DAPAT PEMIRSA LIHAT DI PAS TV TERMASUK ADA SIARAN PETRUK JOGET " “Fiq”


Berita Terkait


1 Komentar


SURO
Jumat, 19 September 2014 | 12:24 WIB
Halaman khusus acara FESTIVAL 1 SURO di candi BOKO https://www.facebook.com/events/687146491376229/?context=create&source=49# FB.IVITATION FESTIVAL 1 SURO https://www.facebook.com/events/687146491376229/ SUROnan neng mBOKO NB .YANG MAU IKUT BUKA STAND silahkan hubungi pntia Email : anamedVC@gmail.com Yang mau ikut LATIHAN YOGA rutinitas di Jogja Hub.nmr PIN BB 7D8268C1- Nmr HP 087739813982 SURA TANGGAP WARSA ENGGAL 1 SURA 1948, 25 Setu Pahing 2014. SEBAGAI PERISTIWA PENTING MERUPAKAN PERGANTIAN TAHUN. NB .YANG MAU IKUT BUKA STAND silahkan hubungi pntia Email : anamedVC@gmail.com Yang mau ikut LATIHAN YOGA rutinitas di Jogja Hub.nmr PIN BB 7D8268C1- Nmr HP 087739813982 SukaSuka · · Bagikan
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Burung kecll Blacktroad kicauannya merdu in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   5258841 Page View
    Visitors   374252 Pengunjung
    Visitor Online   15 Pengunjung Online