majalahburungpas.com portal hobi dan umum update ragam warta, hobi burung, satwa, wisata, umum dan video, klik via hp kamu mulai sekarang juga, twitter @majalahburungpas, Jangan ketinggalan hari gini belum tahu majalahburungpas.com Apa kata Dunia ???
Kembali Ke Index Berita

Ayam mahkota berjambul banyak di lirik penghobiis mania

Minggu, 29 April 2012 | 17:18 WIB
Dibaca: 6105
Ayam  mahkota berjambul banyak di lirik penghobiis mania
Ayam mahkota berjambul, yang kian di buru penghobis

Majalahburungpas.com elektronik,Ayam mahkota saat ini merupakan  salah satu unggas yang diburu hobiis, pasalnya ayam ini memiliki keindahan  bulu terutama yang berada di kepalanya yang terlihat jambul bagai bunsedang mekar, bahkan seakan menghipnotis hobiis untuk miliki.

Tak mengherankan jika peternak ada yang terpaksa ’bohong bila induknya akan di beli oleh calon pembeli, hal ini agar indukannya tak pindah ke tangan  hobiis dengan berbagai alasannya.

            Menurut salah satu peternak ayam mahkota, Dw, Ia mengatakan hampir  seluruh penghobiis di Indonesia saat ini sedang gandrung dan ingin memelihara ayam mahkota. Hal ini ditandai dengan  banyaknya  pesanan yang  datang dari berbagai kota.

            Peternak ini mengakui meski menekuni ternak ayam mahkota boleh di bilang pemula sebab baru satu tahun yang lalu, meskipun demikian hasil breeding ayam  mahkota miliknya banyak dicari pembeli yang datang  dari  berbagai  kota  di  Indonesia, Seperti Malang, Jabodetabek, Semarang  hingga Palembang.

            “Belum lama ini Dia mengungkapkan ada pembeli dari Balikpapan yang mengambil sepuluh pasang anakan ayam mahkota”ungkap Dwi kepada majalahburungpas 14 april 2012.

            Dwi juga menceritakan awal berternak ayam  mahkota bukanlah kesengajaan. Artinya Dwi saat itu hanya mendapatkan informasi dari seorang teman yang mengatakan bahwa ada  ayam  yang unik dan bagus. Karena penasaran Dwi kemudian berburu hingga  akhirnya mendapatkan ayam mahkota  usia remaja di daerah Muntilan yang kemudian dibelinya seharga Rp 1,5  juta.

            Dari  sepasang tersebut kini Dwi telah memiliki 4 setel ayam mahkota. Satu setel terdiri atas satu jantan serta empat betina. Dan dari indukan tersebut  telah puluhan  anakan yang berhasil Ia ditetaskan. Dalam perkembangan hanya dalam waktu singkat anakan ayam mahkota di borong penghobiis.

Menjawab soal harga, Dwi mengatakan untuk harga indukan sepasang dibandrolnya dengan harga Rp 2,5juta. Sedangkan anakan,umur 1-2 bulan  dijual dengan harga Rp 400.000,- perpasang.

Ayam Mahkota Agak Sulit  Diternak

Tidak seperti kebanyakan unggas pada umumnya, ayam Mahkota tergolong unggas yang agak sulit diternakkan. Ayam mahkota termasuk ayam yang rentan terkena virus pilek.  Hal  ini disebabkan  karena ayam mahkota gemar minum dan makan makananan yang basah. Sehingga jambul atau mahkotanya menjadi basah hingga akhirnya ayam tersebut  terkena pilek.

Selain mudah terkena virus,  ayam jenis ini  juga jarang kawin  dan tidak segesit ayam-ayam  yang lainnya. Bahkan yang betina pun  bila sudah bertelur ada yang enggan mengerami bahkan ada juga yang tidak mau mengengkrami. “ Ayam ini  nampaknya ayam hibrid mas”  lanjutnya.

Agar tidak mudah sakit Dwi menyarankan dalam pemeliharaannya sebaiknya ditempatkan pada kandang yang kering. Akan lebih bagus lagi bila dibuatkan kandang yang berbentuk panggung.

Selain itu jangan  terlalu sering terkena angin, berikan minum secukupnya saja. “Bila perlu ayam  mahkota ini dikarantina agar  tidak terserang penyakit” pungkasnya. anjar


Berita Terkait


2 Komentar


ficky alvian
Minggu, 22 Juli 2012 | 10:38 WIB
beli ayam begitu ndek mana
Balas
novan rivaldi
Minggu, 23 September 2012 | 14:25 WIB
saya jual ayam poland 1 pasang udah bertelor..minat hub:085797447389
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Juri derkuku beralih menjadi penancap lomba perkutut in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   5072206 Page View
    Visitors   360826 Pengunjung
    Visitor Online   19 Pengunjung Online