Selamat berkarya  dengan sungguh-sungguh 'jangan lupa untuk dan sering Menengok berita berita dunia hobi dan satwa dari www.Majalahburungpas.com, dari android kamu sejak sekarang.
Kembali Ke Index Berita

Waspada ! burung anda jadi incaran garong

Kamis, 20 September 2012 | 12:02 WIB
Dibaca: 3671
Waspada ! burung anda jadi incaran garong
ternak love bird perlu waspada

Majalahburungpas.com, beternak burung kicauan bisa mendatangkan sukses dan ini menjadi keinginan setiap peternak.

Namun mengorbitkan hasil farm dan menunjukan induk -induk yang top juga menjadi ganjalannya, sebab saat usaha mulai lancar justru terkadang garong atau pencuri memanfaatkan situasi dengan cara menyamar menjadi calon pembeli.

Oleh sebab itu ketika akan beternak harus memperhitungkan terutama dari segi keamanannya agar usaha itu tidak mengundang atau di incar para garong tersebut.

Ada beberapa hal penting yang harus di jalankan agar sistem keamanan bisa optimal dan mengurangi resiko di jebol maling.

Berikut adalah yang redaksi simpulkan yang di dapat dari beragam kasus dan permasalahannya dan cara menanggulanginya sebagi berikut :

Pertama, lakukan kegiatan untuk menggapai safety/keamanan dengan cara memasang pagar di sekeliling kandang ternak baik pakai kawat berduri,atau pecahan kaca di atas dinding bangunan, hal ini di maksud agar pencuri terkena ranjau rintangan terlebih dahulu, sehingga burung aman dari incaran maling.

Ke-2 Berikan tralis besi yang kuat, di lengkapi kunci dan peralatan yang lain agar lebih aman.  

Ke-3 pakailah penjaga farm yang trampil dan bertanggung jawab. Ke empat sediakan buku tamu di ruang pintu masuk atau ruangan khusus.

Ke-4 Pasang dan pakailah pengaman berteknologi seperti CCTV, alarm, atau alat yang lain, guna memperingatkan lebih dini.

Ke-5 sebelum terjadi tindak pencurian burung, alangkah baiknya pagar di perkuat, dan bukan di pagari setelah terjadi kemalingan, hal ini sebagai langkah utamanya.

Ke-6 induk-induk burung yang ngetop dan anak-anakannya yang kualitas, jangan di perlihatkan kepada semua tamu, dan ini sebaiknya jangan di taruh di satu tempat yang kurang menguntungkan atau kurang dalam pengawasannya.

Bila lokasi memungkinkan, buat dan pasangi di jalan utama tersebut, harus menginjak kolam air, hal ini agar bila ada garong atau pencurian bekasnya dapat terlihat.

Ke-7 waspada terhadap seseorang yang baru anda kenal ketika akan beli burung, apalagi orang tersebut hanya menawar dengan harga tinggi, tetapi ketika burung di berikan atau sudah deal Dia banyak alasan, semisal kurang itulah kurang inilah, pakai DP atau uang panjar yang tidak sebanding dengan kesepakatan, maka perlu anda tolak, sebab itu memungkinkan anda kecolongan burung di depan mata yang memungkinkan memberi peluang tidak terbayar, apalagi burung sudah di bawa kabur.

Selanjutnya, coba ingat-ingat dalam buku tamu bila beberapa hari yang lalu terjadi kecurian perlu maka anda penting kembali merenungkan sistem safety di perbaiki dengan baik.

ke -8 Berikan harga yang pantas bagi tamu, sebab lebih baik setiap tamu dapat membawa hasil transaksi, meskipun tidak dengan harga yang tinggi, hal ini sebagai langkah anda di kenal keluar, Sedang apabila ada tamu yang meyakinkan membeli dengan harga tinggi  dan tunai lebih baik di berikan, dan jangan di tunda-tunda, Pengalaman di lapangan, banyak kejadian di tawar tinggi tidak di berikan, paginya atau lain hari burung sering hilang, “nah anda harus waspada.

Ke – 9 sebagai langkah antisipasi dan mengenalkan produk buatlah ring/cicin dengan kode farm anda, kemudian di pasang di kaki piyik sejak kecil, hal ini sebagai pertanda bukti hasil farm anda.

Ke 10, peternak sebaiknya perlu bekerjasama  dengan para peternak yang lain, dan ini di butuhkan dan sangat penting apabila burung yang hilang masuk di farm lain tersebut.

Bila ada maling tertangkap basah yang mencuri burung anda, bawa maling tersebut ke polisi, agar di amankan, dan jangan main hakim sendiri, siapa tahu dia tertangkap itu justru memberikan peluang menangkap jaringannya, sehingga usaha jadi lebih aman,  demikian semoga bermanfaat “ team redaksi majalahburungpas.com,


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch H. Ali Badri Membangun Kebersamaan di Hobi Perkutut in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   12683426 Page View
    Visitors   681878 Pengunjung
    Visitor Online   9 Pengunjung Online