Selamat berkarya  dengan sungguh-sungguh 'jangan lupa untuk dan sering Menengok berita berita dunia hobi dan satwa dari www.Majalahburungpas.com, dari android kamu sejak sekarang.
Kembali Ke Index Berita

Decu bermental petarung, "apa masa kejayaannya telah berlalu ?

Minggu, 11 Desember 2011 | 21:18 WIB
Dibaca: 27310
Decu bermental petarung, "apa masa kejayaannya telah berlalu ?
BURUNG DECU BULUNYA MIRIP BURUNG KACER, YANG ADA WARNA PUTIH DAN HITAMNYA

Majalah burung pas.com, Decu berpostur tubuh kecil, gedenya seukuran dengan burung gereja, namun burung ini merupakan jenis burung petarung (fighter), keberadaan decu jarang di lombakan, meskipun di beberpa daerah maasih ada yang melombakan yang di masuk kelas campuran lokal.

Memang tidak dipungkiri ketika media ini menanyakan lebih jauh tentang decu kepada salah satu kicau mania Afatar di Jogjakarta, Dia mengatakan dahulu burung jenis ini banyak dipelihara orang, namun saat ini keberadaannya sangat minim sehingga Populasinya sudah susah di dapati “kata pemain ocehan yang juga penyuka decu tersebut.

Lebih lanjut dia mengatakan Decu yang memiliki mental petarung yang kini di tinggalkan penggemarnya apa mungkin masa kejayaanya telah berlalu ? lontanya.

Burung ini termasuk dalam jenis burung yang mudah dipelihara dan mudah ditangkarkan.

Jenis burung ini banyak dijumpai disemak-semak terbuka atau padang rumput, burung yang memiliki bulu mirip kacer tersebut juga biasa bertengger di puncak pohon berduri atau semak-semak untuk mencari serangga sebagai mangsanya.

Burung jenis ini berkembang dan bersarang dirongga –rongga dinding atau dilobang tanggul, selain di terowongan kayu yang sudah kering.

Burung decu saat bersarang di dalam susuhnya Dia melapisi sarangnya berupa rumput atau bulu-bulu hewan yang lembut dan mengangatkannya. Keberadaan decu saat ini populasinya tidaklah sebanyak burung tledekan atau sulingan.

Ciri Jantan dan betina burung decu

Untuk mengetahui burung pejantan dapat dilihat dari cirri fisik yang ditampakkan yaitu warna bulu tubuhnya dominant dengan warna hitam, dan ada sedikit fariasi warna putih di pantat selain di bagian sayapnya.

Sementara untuk decu betina, hampir bulunya mirip dengan decu jantan. Hanya saja dari sisi warna bulu yang dimilikinya tampak lebih pudar, hitamnya agak kecoklatan, berbintik-bintik agak ngedop.

Ciri Suara

Burung decu memiliki suara khas saat berkicau dan mampu memegarkan sayap dan ekornya seperti kacer.  Apabila kicau mania memperhatikan lebih mendetail, maka burung jenis ini juga memiliki kelebihan selain kemampuan dalam membawakan berbagai macam jenis lagu yang di milikinya namun itu tergantung kepada isian yang diberikan kepada si burung tersebut.

Dan satu hal yang perlu dimengerti akan cirri khasnya adalah lengkingan-lengkingan suara kristalnya akan menjadi bagian yang selalu di lirik para penggemarnya.

ketika decu sedang berhadapan dengan lawan tanding di lapangan lomba terutama, maka saat berhadapan dengan lawan yang sudah berkicau dia tampak menunjukkan fighternya,dengan tampilan gaya bergoyang, membuka sayap dan ekor seperti yang dilakukan oleh burung kacer tersebut di atas. “Semoga bermanfaat “ Yunus/Aris Prasetyo “Editor/fid


Berita Terkait


9 Komentar


ibn
Rabu, 7 Maret 2012 | 07:37 WIB
mohon pencerahan: cara penangkarannya gimana ya? dan untuk daerah yogyakarta ada penangkarnya tdk ya?k ,kisaran harga berapa?
Balas
REDAKSI
Kamis, 8 Maret 2012 | 10:57 WIB
UNTUK SEMENTARA REDAKSI BELUM MENEMUKAN PETERNAK DAN CARA BETERNAK DECU ITU, TETAPI BUURNG INI BERKEMBANG DAN NYUSUH/BUAR SARANGDI RONGGA RONGA POGON, TEROWONGAN POHON KAYU KERING. SAMPAI SAAT INI DECU YG DI KONTESKAN MASIH TANGKAPN ALAM. DEMIKIAN "GAN !BILA ADA YG SUDAH BERHASIL TERNAK SILAHKAN YG LAIN KIRIM TULISAN DI EMAIL ATAU KOLOM DI BAWAH INI.
Balas
iskandar
Jumat, 27 April 2012 | 21:17 WIB
klo yng msih bhn gimna,,,trus ada decu yng wrna nya nya tuh sedikit biru ,,,itu jntan pa betina ya
Balas
iskandar
Jumat, 27 April 2012 | 21:19 WIB
ada decu tpi wrna nya agak biru,,,jnatan pa betina ya
Balas
irul
Minggu, 6 Mei 2012 | 17:08 WIB
om, saya minta info pemain burung decu. ni lagi nyari decu. makasih
Balas
rohmat
Kamis, 7 Juni 2012 | 09:49 WIB
bagus nii
Balas
bama
Minggu, 21 Juli 2013 | 11:46 WIB
gan,tlg ksh saran decuku gak mau bunyi
Balas
ady
Rabu, 6 November 2013 | 06:07 WIB
gan di sulawesi nh mash bnyk decu
Balas
cicicuit
Jumat, 28 Maret 2014 | 08:35 WIB
wah kalo decu tu mantep banget suaranya keras kaya kacer mini lah pokoknya
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Perajin sangkar ukir perkutut & derkuku gunakan alat mesin in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   12645724 Page View
    Visitors   680695 Pengunjung
    Visitor Online   13 Pengunjung Online