Selamat berkarya  dengan sungguh-sungguh 'jangan lupa untuk dan sering Menengok berita berita dunia hobi dan satwa dari www.Majalahburungpas.com, dari android kamu sejak sekarang.
Kembali Ke Index Berita

Branjangan wiring kuning nyaris punah siapa yang peduli menangkar ?

Rabu, 14 September 2011 | 09:41 WIB
Dibaca: 28770
Branjangan wiring kuning nyaris punah siapa yang peduli menangkar ?
BRANJANGAN MILIK FARIASI YANG EMPUK BERAGAM SUARA. (WIRING KUNNG MAHAL) NYARIS PUNAH.

Majalahburunpas.com, melombakan burung berkicau memang banyak pilihan dan ragam jenisnya. Burung berkicau saat ini menjadi salah satu ajang untuk mencari relasi dan juga keuangan. Bagi kicau mania yang berkantong tipis juga selektif dalam memiliki gacoan apalagi untuk lomba di lapangan memerlukan biaya besar dan menyita waktu yang tidak sebentar. Di lomba berkicau burung ini hanya dimasukan kelas campuran local.

Burung berkicau mampu memberikan peluang usaha dan berfikir untuk mencapai sukses pendapatan terutama di bidang penagkaran. Salah satu Burung yang belum tergarap dalam penangkaran adalag Branjangan, Buurng ini memiliki suara khas dan enak di dengar.

Burung ini hanya segede burung kenari dan warna bulunya tidak banyak beragam, terkadang bagi yang kurang tahu di kira burung Gereja karena warnaya hampir sama. Burung branjangan merupakan burung yang lincah dan suka di hidup daratan serta serta perbukitan kecil. Burung ini memiliki jambul paten, artinya semua burung jenis ini bulu di kepalanya bisa berdiri dan njambul keatas, apalagi saling ketemu sesama branjangan. Branjangan yang berkualitas adalah yang memiliki warna wiring kuning, badan lebih gede, suara bisa fariatif

Daerah penghasil burung branjangan seperti  Jogjakarta, terdapat di Dusun Srikayangan Wates Kulonprogo. Burung asal daerah ini memiliki suara besar dan variatif termasuk suaranya, bahkan penggemar menyebut burung asal daerah ini adalah yang terbaik, namun sayangnya keberadaanya hampir punah dan bila adapun sangat minim.

Memang burung branjangan sampai saat ini masih susah untuk di ternak, sehingga wajar bila harganya melambung, sehingga walaupun ada upaya dari para kicau mania untuk menangkarkannya tetapi untuk di reeding masih susah.

Keberadaan branjangan wiring kuning dari kesimpulan majalahburungpas.com di lapangan burung yang baik dan sering juara telah mampu tembus 5 jutaan perekornya. Branjangan juga bisa bertahan hidup seperti perkutut lokal yang umurnya bisa panjang dan mencapai sekitar 15-25 tahunan. *red *.      


Berita Terkait


7 Komentar


om naryo
Selasa, 6 Desember 2011 | 11:10 WIB
Sodara" kami kicau maniac kami sangat membutuhkan branjangan lokal ini sepasang untuk saya coba tangkarkan mengingat di alam bebas memang sudah langka siapa lagi yang akan melestarikan keberadaan burung cerdas ini selain kita semua kalau diantara sodara kami mengetahui atau memiliki hubungi kami snario67@gmail.com Trim.
Balas
frans
Rabu, 24 Juli 2013 | 12:13 WIB
Saya tertarik untuk mencoba melestarikan bila ada yg punya branjangan wiring kuning sepasang silahkan hub saya 087880578888
Balas
kristianto
Minggu, 16 Februari 2014 | 05:56 WIB
Burung yg bagus,,,,harus kita lestarikan
Balas
Donadoni
Senin, 3 November 2014 | 21:58 WIB
Donny Bandung. Senin, 3 Nop 2014. Saat ini koq susah banget nyari Br bahan/bakalan yang warnanya kemerahan ya! Dimana-mana, hampir disetiap pasar burung dibanjiri Br asal Sumbawa/NTB. Kalau kita tanya ke pedagangnya selalu jawabnya sama, Br Jawa atau Wates katanya. Mungkin diantara Br mania ada yang bisa memberikan sedikit info pada saya, dimana/pada siapa saya bisa mendapatkan Br bahan/bakalan yang asli asal tanah Jawa atau Br asli Kalimantan. Bila ada yang mau bagi-bagi informasi bisa sms ke085624515428 atau disini juga boleh.
Balas
Jimmy
Selasa, 4 November 2014 | 08:24 WIB
Saya Jimmy dari Bandung. Mungkin tujuan saya sama dengan Om Donny. Bedanya kalau Om Donny mencari untuk dipelihara, kalau saya untuk jualan. Saya pedagang pakan ternak sekaligus jualan burung. Banyak pembeli/pelanggan saya khususnya Br mania yang menginginkan/pesan branjangan yang asli dari tanah Jawa atau dari Kalimantan, bukan Sumbawa/NTB yang kehitaman yang dibilang Br Wates seperti kata Om Donny. Yang jadi masalah, saya kesulitan mencari pemasok yang benar-benar paham tentang Br dan benar-benar dapat dipercaya kejujurannya. Mungkin ada diantara Br mania yang bisa bekerja sama dengan saya. Kalo ada yang sesuai dengan kriteria diatas, "PAHAM & JUJUR", bisa hub. saya di 02292811474.
Balas
dejavu sarajevo
Senin, 27 Juli 2015 | 00:49 WIB
Saya dari jambi sangat berminat sekali..tspi sulit mencari bahan nya..
Balas
endra susila
Rabu, 9 November 2016 | 12:04 WIB
tahun 1981 - 1982 ortu pernah punya branjangan wiring kuning beli dr tetangga, bodi besar klo bunyi jambul tinggi posisi tubuh tegap, bunyi variatif kristal ngeplong sehingga telinga kita klo agak dekat terdengar rrrkk rrrkkk saking kencengnya suara burung, bulu coklat muda cerah semburat kuning kaki jenjang bersih sampai ujung kuku, jadi semua itu menjadikan burung kelihatan berwibawa saat bunyi. Tapi semua tinggal kenangan krn mlm hari dimakan dimakan ular ....
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Tips pengkondisian burung cucak hijau bakalan baru di beli in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   12681530 Page View
    Visitors   681803 Pengunjung
    Visitor Online   8 Pengunjung Online