majalahburungpas.com portal hobi dan umum update ragam warta, hobi burung, satwa, wisata, umum dan video, klik via hp kamu mulai sekarang juga, twitter @majalahburungpas, Jangan ketinggalan hari gini belum tahu majalahburungpas.com Apa kata Dunia ???
Kembali Ke Index Berita

Terkuak bedanya murai batu medan dan borneo ?

Sabtu, 3 September 2011 | 22:06 WIB
Dibaca: 47625
Terkuak bedanya murai batu medan dan borneo ?
murai batu ekor panjang

Majalah burung pas, ini termasuk news ocehan yang membahas burung murai batu ekor panjang dan pendek. Muray batu yang di kenal warga kicau mania ini ternyata murai termasuk yang menjadi perdebatan sengit.

Buktinya penghobi burung ocehan sampai saat ini terkadang antar penggemar tak mau kalah dengan temannya, bahkan ada juga yang kurang paham mengenai burung yang di peliharanya itu, selain ada kebingungan apa bedanya kedua murai tersebut.

Nah kalau sudah binggung seperti ini, anda akan menjadi santapan empuk bagi si bakul karena kurang paham dengan keadaaan murai. 

Murai batu borneo adalah murai batu asal Kalimantan yang berekor pendek. Sedang burung murai batu ekor panjang di kenal dari Sumatera dan umumnya di sebut murai medan.

Burung murai batu borneo memiliki ciri khas yaitu badan depan menggelembung ketika bertarung atau berbunyi. Burung ketika bertarung sangat kuat juga  sering ngotot ketika berhadapan dengan musuhnya, selain terlihat agresif.

Cirri khusus murai medan telah di singgung di depan, bahwa murai ini berekor panjang, dan memang bila di amati secara kasat mata ekornya yang panjang itu juga memiliki suara lentur dan enak di dengar dan gerak geriknya hampir sama dengan murai borneo

Murai yang ini memang memiliki kelebihan yaitu suara yang kerap nembak-nembak di kala berhadapan dengan musuh di lomba, selain itu terkadang suaranya agak kasar.

murai batu ekor pendek

Sebenarnya kedua jenis burung ini tak usaha di perdebatkan karena kepopulerannya tergantung selera masing-masing penggemar.

Hal ini dapat kita di amati ketika burung akan di lego, tentu  si pemilik pasti akan menggulkan dan memiliki, inilah yang itulah yang ujung-ujungnya burung hanya akan meroketkan harga.

Sedang burung yang kurang laku pasti di vonis burung borneo, kurang pajang ekornya, suara tak mau nembak dan sebagainya.

“Nah kalau sudah masuk di ranah ini, sulit untuk di cari titik temunya, karena ketika murai borneo mahal, murai medan di anggap anjlok, dan begitu seterusnya, kalau sudah demikian ini jelas ini tergantung selera pembeli dan penjual. 

Jadi perbedaannya meskipun memang jelas ada, tetapi yang membuat burung unggul karena burung asal medan lebih dulu di lombakan dan awalnya mampu di banderol mahal.

Kemudian karena di lomba dulu ada yang kecewa burungnya kalah, maka kicau mania ada yang lantas mencari burung yang sejenis, sehingga borneo menjadi lawan tandingnya.

“Anda kicau mania, miliki yang mana atau keduanya ? “team redaksi majalahburungpas, mengabarkan” 


Berita Terkait


8 Komentar


indra
Kamis, 5 Januari 2012 | 23:28 WIB
setau pengalaman saya, ciri MB medan kepalanya agak ganden( maaf bahasanya semrawut)
Balas
oerit
Selasa, 21 Februari 2012 | 18:29 WIB
setauku burung yang bagus itu adalah burung yang bunyi...kalo medan tp gak bunyi ya sama aja bo'ong. Apapun murainya...mau medan, borneo, lampung, nias, aceh, india ato arab yg penting ngoceh, gacor & makan voer.....sdh pasti bagus. Jangan mau ditipu pedagang burung...!!!!
Balas
aditya
Kamis, 24 Mei 2012 | 20:24 WIB
kang oerit betulll....100 untuk sampean...salam berkicau..
Balas
Rayhan
Jumat, 14 Desember 2012 | 11:54 WIB
ciri murai batu petarung adalah, apabila majikannya lupa ngasih makan maka burungnya akan marah2 dan mengejar majikannya pakai samurai
Balas
setya
Selasa, 18 Desember 2012 | 00:59 WIB
beda kelas yang bikin keduanya berbeda.
Balas
abank
Kamis, 11 Juli 2013 | 22:39 WIB
sama ajj burung mah,,,,hasil yang bagus itu di bawa ke kontes baru terliht
Balas
hendro
Jumat, 24 Januari 2014 | 14:31 WIB
hanya meneruskan, apa pun asal burung nya kalo bunyi n makan pur pasti bagus.yg jadi permasalahan nya biasa nya dikarnakan kontes burki (burung kicau) kelas borneo blm ada/masih jarang sekali.jadi harga dan peminat nya kurang coba deh di adakan kelas2 EBOD atau B&R atau kelas majalah burungpas.pasti harga langsung membumbung tinggi.seperti black tail sekarang ini.
Balas
hariyadi
Rabu, 5 Februari 2014 | 10:52 WIB
Burung medan dan borneo kalo menurutku kalo diliat sama-sama baik, kalo untuk sumatra dan jawa tentu murai medan kerna disana yang sering dilombakan dan borneo terbaik di kalimantan karna di kalimantan medan hampir tidak pernah di lombakan. harga medan luar biasa borneo pun ada yang mencapai ratusan juta. jadi kemabli kea agan-agan semua mau pilih yang mana . tinggal di jawa memelih borneo kurang tepat kalo untuk tujuan lomba, demikian pula memelihara medan tinggal di kalimantan kurang tepat kalo untuk lomba. ya.....to. sekian dulu.
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Kirap prajurit piala raja kicauan di prambanan 9 Juni 2013 in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   5620806 Page View
    Visitors   395230 Pengunjung
    Visitor Online   13 Pengunjung Online