MEDIA ONLINE MAJALAHBURUNGPAS.COM, MENGUCAPKAN MARHABAN YA RAMADHAN 1438 H/2017, SIAPKAN DIRI UNTUK MENUNAIKAN IBADAH SUCI
Kembali Ke Index Berita

Wawasan Kebangsaan Modal Utama Menjaga NKRI

Jumat, 23 Desember 2011 | 06:43 WIB
Dibaca: 3402
Wawasan Kebangsaan Modal Utama Menjaga NKRI
Diskusi penyampaikan wawAsan nusantara

Majalahburungpas.com,Bangsa Indonesia sebagai bangsa yang besar memiliki sumber daya alam (SDA) yang luar biasa. Selain itu bangsa Indonesia juga memiliki keanekaragaman suku, etnis, budaya, agama, bahasa, dan adat istiadat yang mana hal ini dapat dijadikan modal pembangunan bangsa.

Namun dibalik semua itu jika tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan konflik seiring semakin memudarnya wawasan kebangsaan anak negeri ini. Hal tersebut diungkapkan Totok Hendiyatmoko MP MBA dari Kesbanglinmas dan PB Kabupaten Sleman dalam sarasehan Wawasan Kebangsaan yang diselenggarakan oleh LSM GANNAS,di Selomartani dan di balaidesa Maguwoharjo, pada sore harinya(21/12)

      Lebih jauh Totok mencontohkan konflik yang terjadi antar suku beberapa tahun silam di Kalimantan, perebutan lahan hingga isu pemisahan diri dari bingkai NKRI, menonjolnya kepentingan kelompok serta melunturnya semangat kepahlawanan dan nasionalisme merupakan tanda menurunya wawasan kebangsaan ini.

      “Bila hal ini dibiarkan NKRI akan terpecah belah sehingga memudahkan kekuatan asing masuk ke wilayah negara kita. Oleh karenanya kita perlu merevitalisasi wawasan kebangsaan” tutur pria kelahiran Klaten ini.

      Adapun sikap yang perlu dikembangkan dalam upaya revitalisasi ini, ia menambahkan,yakni dengan melakukan langkah dimensi psikoligis serta dimensi ideologis. Diemensi psikologis yang dimaksud adalah mengembangkan sikap kekeluargaan dan dialogis semua unsur bangsa sehingga dapat menerima cara pandang orang lain yang berbeda. Sedangkan dimensi ideologis diperlukan dalam upaya agar dinamika yang dikembangkan tidak keluar dari ideologi Pancasila.

      “Dalan diskusi ini selain memantapkan ideologi nasional, juga di singgung bahwa bangsa yang besar Indonesia perlu menjiwai serta bersikap mawas diri, tanggung jawab, juga solidaritas sosial dan ekonomi serta tanggung jawab yang tinggi penting  dilandasi kesetiakawaan hal ini dalam upaya untuk memajukan dan mensejahterakan kehidupan masyarakat, agar mampu mencegah terjadinya konflik antar anak anak bangsa” terangnya.

      Sementara itu ketua umum LSM GANNAS (Gerakan Nasionalis Sejati), Medy Purwanto dalam penjelasan singkatnya mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk memberi pengetahuan kepada masyarakat terhadap wawasan kebangsaan serta memberi pendidikan berpolitik. Sehingga dengan kegiatan ini nantinya masyarakat semakin dewasa dalam mensikapi perbedaan pandangan dalam berpolitik serta sadar akan sebagai diri anak bangsa untuk tetap menjaga keutuhan NKRI. "anjar


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Kirab prajurit mengawal wiwitan menjelang panen padi in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   11660551 Page View
    Visitors   643100 Pengunjung
    Visitor Online   11 Pengunjung Online