Selamat menjalankan ibadah puasa ramadan tahun 1435 H/ majalahburungpas.com, juga ada di twitter kilik @majalahburungpas
Kembali Ke Index Berita

Mengenal Jenis-Jenis Merpati Hias

Sabtu, 25 Februari 2012 | 20:28 WIB
Dibaca: 4053
      Mengenal Jenis-Jenis Merpati Hias
dok. merpati hias

Media-majalahburungpas, berbicara tentang merpati hias memang tidak membosankan, apalgi burung ini memiliki perawakannya yang menarik, bulu-bulunya juga tampak cantik seolah menghipnotis hobiis mania untuk segera menjadikan koleksinya.

Ternyata merpati hias tidak hanya satu type, namun memiliki beragam bentuk dan jenisdan itu banyak di sukai penghobiis.Masyarakat awam selama ini mengenal merpati hias hanya pada merpati kipas. Padahal apabila ditelusuri jenis merpati hias sangatlah banyak.

Menurut salah satu peternak merpati hias, Syarif, saat ini ada puluhan jenis merpati hias. Dia mencontohkan, saat ini dikandangnya terdapat 21 jenis indukan merpati hias. Untuk mengenal dan membedakannya dapat dilihat dari bodi maupun bulu-bulu merpati.

      Adapun jenis-jenis merpati tersebut diantaranya Yakobin, kapocin, samtinet, double kapite, mapen, friil back, eEnglish faintall,  gondok, karier, caphocine, lahore, organ, black nun, king, mike tixer, chines owl, greacia modena, double cup dan lain-lain.

      Untuk mengenali jenisnya dapat kita lihat dan bedakan dengan masing-masing cirri bodi dan bentuk bulu. Misalkan Yakobin, dengan ciri bermantel lebih lebat, bulu di kepala hingga menutupi kepalanya, sayap dan ekor memiliki panjang yang nyaris sama.

Sedangkan kapocin memiliki ciri bermantel tipis, badan agak gemuk serta bulunya yang tidak menutup kepala. Untuk jenis santinet ciri-cirinya adalah di ekornya tampak ada plong bulat-bulat, dada berdasi, berparuh bengkok dengan bulu berbatik, mirip ayam kanada serta berbulu kaki.

      Ciri-ciri merpati jenis double kapite adalah berjambul, di belakang sampai menutup mata dan bersimbar pada kakinya. Bila jenis freel back cirinya adalah berjambul, berbulu kaki dan berbulu badan ramping. Sementara jenis mike tixer berciri khas kaki dan leher panjang dengan ekor menjulang ke atas.

      Adapun ciri merpati hias yang sangat mudah dikenal dan sangat familier di masyarakat umum adalah merpati hias jenis kipas. Merpati hias kipas atau juga di kenal dengan sebutan english faintall memiliki ciri berekor kipas, yang mana karena ekornya ini maka disebut merpati kipas. Serta bercirikan berbulu kaki lebat dengan kepala bergetar.

      Nah, bagi Anda yang ingin beternak merpati hias kenali dulu ciri-ciri di atas agar tidak salah memilih. Anjar 


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Kenari Betina Birahi Pejantanpun Langsung Clingkrik in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   4770181 Page View
    Visitors   341816 Pengunjung
    Visitor Online   11 Pengunjung Online