MEDIA ONLINE MAJALAHBURUNGPAS.COM, MENGUCAPKAN MARHABAN YA RAMADHAN 1438 H/2017, SIAPKAN DIRI UNTUK MENUNAIKAN IBADAH SUCI
Kembali Ke Index Berita

Bagaimana Mencegah Virus Alergi yang menyerang anak kecil ?

Kamis, 15 Desember 2011 | 18:13 WIB
Dibaca: 3825
Bagaimana Mencegah Virus Alergi yang menyerang anak kecil ?
Pembicara Memberikan penjelasan

Rubrik kesehatan, majalah burung pas.com,  pernahkah anda memperhatikan penyebab anak Anda gatal-gatal?. Atau, si buah hati tiba-tiba kulitnya timbul bercak kemerahan setelah makan makanan tertentu. Mungkin Anda selaku orang tua juga pernah merasakan hal yang sama, seperti halnya bersin-bersin di saat menghirup debu.

Bila anak anda atau Anda sendiri yang memgalami hal tersebut di atas berarti si kecil dan Anda telah terjangkit virus alergi. Hal tersebut dikemukakan oleh dr Cahya Dewi Satria Mkes Spa dalam sebuah seminar yang diadakan oleh produsen makanan pendamping ASI, Milna, baru-baru ini di hotel Melia Purosani Yogyakarta.

Staf Bagian Ilmu Kesehatan Anak RSUP DR Sardjito ini mengungkapkan alergi merupakan reaksi yang berbeda atau menyimpang dari normal terhadap berbagai rangsangan atau zat dari luar tubuh dan ini di akibatkan mengkonsumsi semisal makanan, yang kurang sehat, selain terdapat debu serta obat-obatan di dalam maknan itu sendiri.

 Lebih detail alumnus Fakultas Kedokteran UGM 2000 ini memaparkan alergi pada anak harus diwaspadai. Karena bila anak terindikasi alergi dapat mengakibatkan gangguan pada tumbuh kembangnya si anak. Namun demikian, dokter yang biasa dipanggil Yaya ini menuturkan, meski alergi tidak dapat dihilangkan, yang perlu di pahami, para orang tua tidak perlu khawatir.

Karena pada dasarnya alergi bisa dicegah dengan cara mengetahui penyebab alergi. Selain factor makanan,termasuk telur,salah satu yang perlu di ketahui atau riwayat alergi yang ada pada anggota keluarga juga perlu di runut.

MAKANAN BERLABEL

Lain soal bila penyebabnya karena makan telur, maka sebaiknya hindari mengkonsumsi telur dan makanan yang menggunakan telur juga rentetan yang berbau dan bahan telursemisal kue, mie dan biskuit yang mengandung telur. Selain itu hindari pula makanan siap pakai yang pada labelnya tercantum albumin, binder, coogulant, egg white, egg yolk or yellow serta sejenisnya” tutur dokter kelahiran Jakarta, 1974 ini.

Untuk pencegahan, tambahnya, lakukan langkah-langkah primer,sekunder serta tersier juga kurangi ASI ekskusif, hidroliparsial, dan hindari asap rokok.Yaya juga mengungkapkan karena alergi berefek pada tumbuh kembang anak atau mengganggu proses pertumbuhan dan perkembangan, orang tua harus mampu mengenali gejala serta menangani alergi makanan pada anak secara tepat. Bedakan pula antara alergi makanan dan reaksi simpang yang lain.

 Terpisah, Produk Manager Milna, Yolanda Effendi didampingi Kacab PT Kalbe Nutrional Yogyakarta, Murni, dalam penjelasan singkatnya mengatakan kegiatan  seminar Milna merupakan road show di lima kota, yang meliputi Pekanbaru, Bandung, Surabaya, Denpasar dan terakhir Yogyakarta. Total peserta seminar di kelima kota mencapai 2.500 orang.

Adapun tujuan dari kegiatan ini, agar para orang tua mampu memahami dan memberikan nutrisi yang terbaik bagi si kecil. Berkaitan dengan seminar ini, milna yang sebagai prosuden makanan pendamping ASI yang sudah berpengalaman selama 25 tahun, dalam hal ini juga menyampaikan selain berbagi pengetahuan tentang makanan dan nutrisi yang lengkap dan seimbang dalam memenuhi kebutuhan si anak.

Sehingga ayah dan bunda akan selalu memperhatikan nutrisi pada anaknya hingga pada akhirnya anak dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Yollanda menambahkan dengan respon yang cukup baik dari ayah bunda, terutama Yogyakarta, ke depan anak-anak Indonesia dengan pemberian nutrisi yang tepat akan tumbuh menjadi anak yang cerdas dan berkualitas. Sehingga nantinya akan membawa bangsa ini ke arah yang lebih maju. “anjar 


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Kenari Betina Birahi Pejantanpun Langsung Clingkrik in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   11664789 Page View
    Visitors   643243 Pengunjung
    Visitor Online   20 Pengunjung Online