Media online majalahburungpas.com, ragam warta hobi, wisata dan umum dapat pemirsa baca dan ikuti dengan mudah klik dengan broswer poncel anda.
Kembali Ke Index Berita

Pohon gaharu banyak di minati pebisnis dan petani

Minggu, 27 Mei 2012 | 21:27 WIB
Dibaca: 863
Pohon gaharu banyak di minati pebisnis dan petani
POHON GAHARU BANYAK MANFAATNYA

www.majalahburungpas.com, warta pertanian  ide penanaman pohon gaharu saat ini banyak di minati oleh para ahli bidang tanaman serta pebisnis, menjamurnya peminat yang menanam pohon tersebut juga ada kaitannya serta dilatar belakangi oleh  sebagian para ahli, dimana banyak masyarakat merasakan  tingginya cuaca panas terutama di perkotaan, dengan  efek global warming yang kian merata,hal ini  karena tak lepas semakin menipisnya lahan pertanian dan kurangnya pepohonan

Melihat perkembangan yang demikian, para pakar pertanian lantas memunculkan ide dan bergerak di bidang agrobisnis khususnya bidang pembudidayaan pohon gaharu agar menjadi bagian untuk mensiasati global warning tersebut.

Dan salah satu gerakannya adalah  menanam pohon  gaharu yang merupakan pohon  bernilai ekonomis dan juga multi guna. Nah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang tersebut, 20 mei 2012 yang lalu  di Bantul Yogyakarta  telah membuka seminar terkait penanaman pohon gaharu yang banyak di minati peserta undangan.

Yang musti menjadi bahan pemikiran, bahwa Gaharu merupakan pohon spesies asli Indonesia penghasil substansi aromatic berupa gumpalan yang terdapat di antara sel-sel kayu berbagai bentuk dan warna yang khas serta memiliki kandungan kadar damar wangi.

Pohon gaharu  yang tumbuh secara alami dan telah mati sebagai akibat dari proses infeksi secara alami, Pada umumnya terjadi pada pohon gaharu jenis Aquilaria spp.  Hal itu disampaikan langsung oleh  umumnya terjadi pada pohon gaharu jenis Aquilaria spp.

Hal itu disampaikan langsung oleh  salah satu pimpinan perusahaannya “Priska Hariyani Ambarita, bahwa manfaat pohon gaharu sangat penting bagi manusia.

Menanggapi, hal seminar itu salah satu konsultan gaharu “Fatkhan Rofiq mengungkapkan, bahwa gaharu  kini menjadi pohon mahal, hal ini  disebabkan oleh khasiat yang terkandung di dalam pohon tersebut.

Manfaat lain dari gaharu di antaranya juga dapat di pakai sebagai bahan minuman teh daun gaharu, hio ( dupa ) aroma terapi, kamfer, minyak gaharu yang dapat bernilai tinggi. Selain itu pohon gaharu juga biasa digunakan untuk bahan yang lain semisal industri kosmetik seperti parfum, sabun, lotions, dan pembersih muka.

Tak hanya itu, gaharu juga dapat dimanfaatkan sebagai obat-obatan seperti obat hepatitis, liver, anti alergi, batuk, penenang sakit perut, TBC, Malaria, rematik, tonikum, kanker dan asma kata Fatkhan Rofiq dalam menanggapi seminar terserbut.

Hal itu disampaikan langsung oleh  salah satu pimpinan perusahaaannya “Priska Hariyani Ambarita bahwa manfaat pohon gaharu sangat penting bagi manusia. Team red/sgt


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Agiong buka bursa perkutut ambil burung-burung dari Surabaya in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   4310818 Page View
    Visitors   310593 Pengunjung
    Visitor Online   6 Pengunjung Online