Selamat menjalankan ibadah puasa ramadan tahun 1435 H/ majalahburungpas.com, juga ada di twitter kilik @majalahburungpas
Kembali Ke Index Berita

Kiat beternak Kenari

Minggu, 7 Agustus 2011 | 14:08 WIB
Dibaca: 19166
Kiat beternak Kenari
SIAPKAN KANDANG KENARI SPERTI INI

Ulasan kiat beternak Kenari, sajian majalah burung pas online,anda pemirsa belum tahu tentang beternak kenari ? berikut muatannya yang dapat membantu bila anda akan terjun menjadi breeder kenari.

¨      Rencanakan dengan baik jenis kenari yang akan dipelihara. Jenis yang akan dipelihara haruslah jenis yang paling disukai.

¨      Rencanakan lokasi untuk meletakkan sangkar, karenanya lebih baik memiliki sangkar terlebih dahulu sebelum membeli kenari yang diinginkan.

¨      Belilah kenari pada pegadang yang dianggap baik dengan cara memperhatikan iklan – iklan pedagang burung, membandingkan harga dan kualitas burung dari banyak pedagang dan membeli hanya apabila harga dan kualitas burung telah sesuai.

¨      Berikan pakan yang bervariasi kepada kenari setiap hari secara rutin sesuai dengan program yang di ketahui, tindakan ini akan membuat kenari sehat dan senang.

¨      Carilah pengetahuan yang mendasar mengenai kenari pada majalah dan buku – buku yang tersedia di toko – toko atau perpustakaan. Jika ada ikutlah pada perkumpulan pemelihara kenari terdekat. Selain itu diskusikan permasalahan pemeliharaan dengan para penangkar, pedagang atau kawan yang juga memelihara kenari. Diskusi dan tukar pengalaman adalah tindakan yang tepat untuk meningkatkan pengetahuan teknik pemeliharaan.

¨      Perhatikan pola makan dan tingkah laku kenari yang dipelihara, perhatian yang baik akan membuat pemilik tahu secara dini penyimpangan yang terjadi dan dapat segera mengambil tindakan yang tepat.

¨      Hobi memelihara kenari yang pada awalnya difungsikan untuk menghilangkan sters dan kepenatan bekerja, pada perkembangan selanjutnya dapat saja berubah menjadi suatu bisnis. Namun jangan pernah tergoda untuk melakukan bisnis secara besar – besaran sebelum menjadi penangkar yang benar – benar memahami kenari.

¨      Jika sudah memelihara atau menangkarkan kenari dalam jumlah yang cukup, setiap tahun buatlah perencanaan dan target tertentu yang dapat menjadi dasar – dasar kegiatan pada tahun yang berjalan. Perhatikan penyimpangan yang terjadi dan lakukan langkah – langkah perbaikannya.

Sebelum memelihara kenari, pemilihan type, warna dan jenis kenari harus di lakukan dengan benar. Jika jenis kenari tidak sesuai dengan pilihan menyebabkan pemeliharaanya tidak dilakukan dengan sungguh – sungguh. Meskipun pemilihan kenari tergantung selera, tetapi sebaiknya pemilihannya cukup dengan menyesuaikan suara, bentuk, jenis maupun suara kenari.

Faktor yang mempengaruhi cara berkicau adalah jenis kenari dan kondisi kenari. Disamping factor jenis, kondisi yang dialami burung juga dapat mempengaruhi perbedaan suara. Saat birahi kenari jantan umumnya akan membuka paruhnya lebih lebar lagi. Disaat inilah kenari berkicau dengan penuh semangat dan berbunyi sekeras kerasnya.

Disamping dilihat dari kicauannya pemilihan kenari sebaiknya memperhatikan hal – hal yang berikut ini :

Tingkah lakunya lincah dan sehat.

Kenari yang sehat akan terlihat lincah, riang, mudah berkicau dan sinar matanya tajam.

2.   Bulunya tersusun rapid an tampak mengkilat.

Bulu kenari yang akan dibeli sebaiknya mengkilat ( tidak kusam ) dan susunan bulunya terlihat rapi serta tidak mudah rontok. Jika didapati kenari dengan bulu rontok dan patah – patah, hal ini menandakan kenari sedang tidak sehat atau sakit.

Tidak cacat

Kenari yang dipilih bentuk badannya harus sempurna, kaki dan jarinya harus utuh serta tidak patah.

Kaki tidak bersisik dan berwarna bersih

Kenari yang dipilih sebaiknya berkaki mulus dengan sisik yang halus. Jika sisik kenari terlihat menonjol, menandakan bahwa kenari umurnya telah tua dan biasanya malas berkicau.


Berita Terkait


2 Komentar


stiven
Jumat, 12 Oktober 2012 | 17:28 WIB
cara ternak KENARI gmna om aq pngen bljr ternak KENARI
Balas
wantex
Selasa, 24 September 2013 | 09:02 WIB
bgaimana kalo teraknya dlm rumah tnp kena sinar matahri tp ventilasi udara ukup ?
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Cucakrowo hutan banyak di buru in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   4774194 Page View
    Visitors   342038 Pengunjung
    Visitor Online   8 Pengunjung Online