Selamat menjalankan ibadah puasa ramadan tahun 1435 H/ majalahburungpas.com, juga ada di twitter kilik @majalahburungpas
Kembali Ke Index Berita

Cara membuat kandang yang ideal untuk beternak burung ocehan

Rabu, 10 Agustus 2011 | 08:02 WIB
Dibaca: 26186
Cara membuat kandang  yang ideal untuk beternak burung ocehan
KANDANG PERMANEN

Majalahburungpas.com langkah membuat kandang ternak,  Pertama : Lakukan cek di lapangan atau calon tempat kandang, pilihlah lokasi kandang yang aman, terbebas dari gangguan, baik itu  gangguan suara bising, panas, dan sebagainya.

Pilih yang ada udara, tetapi jangan terlalu ada hawa panas, sebaiknya kandang menghadap kearah matahari  ke barat atau ketimur, hal ini dikandung maksud agar burung di pagi hari atau sore bisa terkena sinar matahari sehingga lokasi tampak segar. Manfaat ini berguna apabila kotoran  atau hewan bila terkena sinar matahari bisa melemah/hilang.

Untuk membuat sebuah kandang yang permanent atau semi permanent,  hendaknya kayu yang di pakai sebagai kerangka, baik itu dari besi, aluminium dan lain – lain, yang masih kuat, tetapi perlu memperhatikan bahan yang memadai (tidak mudah rusak).

Penggunaan bahan dasar kandang, akan mempengaruhi biaya yang anda keluarkan, oleh sebab itu hindari bahan yang mubazir atau tidak berguna sehingga investasi lebih tepat.

Untuk pemakain kawat setrimin hendaknya juga memilih yang berkwalitas, biar tidak mudah rusak, selain agar tidak bisa  dimasuki binatang pemangsa burung, semisal tikus, ular,kucing dan lain lain, lakukan sejeli mungkin.

Alat - alat pendukung untuk ternak

Peternak perlunya juga menyiapkan berbagai peralatan pendukung untuk ternak  yaitu :

tempat minum,tempat makan plangkringan,temapa untuk centelan buah,Juga untuk tempat kroto,Semprotan ,alat untuk mengaruk kotoran dan lain lain perlu disiapkan dengan baik.

Ukuran yang ideal untuk pembuatan kandang adalah sebagai berikut :

Calon peternak seharusnya merancang dan menyesuaikan dengan keadaan lokasi dan tempat,yang dimiliki agar menghasilkan kandang yang baik dan sesuai dengan dana yang dimiliki,maka sebagai patokan idealnya adalah sebagai berikut :

Ukuran sarang, untuk bertelur hendaknya juga disesuaikan agar tampil pas dan cocok  untuk bertelur sang betina, maka untuk ukuran kandang  bisa sebagai berikut : Panjang 40 cm lebar 20 cm, Sedang tingginya juga sekitar 20 cm. Untuk bagian bawah perlunya ditambah lebih dari 10 cm, untuk bagian atas bisa di buat pintu/lubang untuk melihat telur apabila sudah berproduksi.  

Kandang yang ideal,  peternak harus menyesuaikan tempat dan lokasi  yang  tepat agar tidak boros bahan-bahannya.

Maka perhitungan adalah sebagai berikut :  Ukuran kandang  200 cm, di pertemukan dengan ukuran 90 cm, dan  untuk tinggi bisa sekitar  180 cm, sedang kan untuk pintu, idealnya berukuran 40 cm x 60 cm.

Kotak untuk merawat piyik, Sangat diperlukan dan buatlah sekitar ukuran yang tepat juga  yaitu : panjang 40 cm, lebar 45 cm tinggi bisa 45 cm, untuk ukuran tinggi tiangnya sekitar 60 cm dan kaca 5 cm x 20 cm.

untuk kotak piyik ini didalamnya perlu ditambah lampu pijar 5 watt.

Kegunaan lampu ini sebagai  penghangat, juga untuk  menjaga stabilnya suhu agar piyik tidak kedinginan.

Kotak piyikan, Kotak ini berfungsi bagi piyik yang masih kecil sebagai tempat berlindung dan tidur. Hendaknya di dalam kotak piyik di berikan lampu agar piyik tetap hangat,   namun lampu yang sesuai dengan ruangan kotak piyik. Sementara itu untuk menjaga ruangan agar suhu tetap stabil perlunya  di tambah atau di pasang pemantau suhu yaitu thermometer.

Untuk kandang piyik perhatikan atau buatkan genangan air agar semut tidak menyerang piyik yang berakibat matinya hasil tangkaran anda.

(buatlah seaman mungkin) * team redaksi* 

 

 


Berita Terkait


1 Komentar


aditya ega saputra
Jumat, 8 Februari 2013 | 23:17 WIB
kalau kandang ternak untuk burung kaca mata (pleci) ukuran idealnya berapa? Terima kasih
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Diklat Kunjungan ke salah satu Farm kenari 11 Mei 2013 di Jogjakarta in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   4749458 Page View
    Visitors   340603 Pengunjung
    Visitor Online   5 Pengunjung Online