Selamat berkarya  dengan sungguh-sungguh 'jangan lupa untuk dan sering Menengok berita berita dunia hobi dan satwa dari www.Majalahburungpas.com, dari android kamu sejak sekarang.
Kembali Ke Index Berita

Perkutut Gagal Mercon ?

Sabtu, 17 September 2011 | 19:22 WIB
Dibaca: 7628
Perkutut Gagal Mercon ?
MERCON MELETUS BERAKIBAT INDUK PERKUTUT SETRESS

Bacaan Anggungan-Majalahburungpas.com Perkutut yang lagi mengerami telurnya atau sedang angkrem ternyata sangat sensitive tak mau mendapat gangguan dari ulah manusia. Seperti halnya pada bulan Puasa 2011 yang baru saja usai bunyi petasan sangat berpengaruh terhadap produksi telur perkutut. Beberapa peternak yang kami tanya soal itu memang adanya suara letusan petasan 99 persen telur yang di eraminya gagal, karena induk terkejut dan setres, sehingga indukan meninggalkan telurnya.

GAGAL MERCON

Gagalnya telur menjadi piyik tersebut, lantas para peternak perkutut menyebutnya “Gagal Mercon” Kegagalan para peternak yang induknya terganggu suara mercon juga membuat pemilik harus bersabar dan menaggung rugi, apalagi induk yang di gadang merupakan telur yang berkualitas bibitnya. Pelajaran gagal mercon sudah di alami di bulan tersebut, maka untuk tahun kedepan janganlah gagal kedua kalinya, setidaknya meminimalisir dari gangguan suara letusan mercon dapat kita hindari atau ketahui sejak dini atau menjelang hari bulan Ramadan tiba.

Nah “ tips apa yang dapat mengerem atau mengundari gagal mercon itu ? Berikut beberapa kesimpulan yang kami dapat dari para peternak. Pertama lingkungan keluarga, berikan penyuluhan, terutama bagi anak, jangan di beri akses untuk beli mercon, apalagi menyulutnya. Kedua lingkungan sekitar peringatkan bahwa letusan mercon bisa membahayakan orang lain dan dapat merugikan, untuk mengakses ini sebaiknya pemerintah, mulai Rt setempat, juga di ajak kerjasama agar suara itu tidak muncul. Ketiga Penyuluhan yang lebih efektif pembuat, dan toko atau warung perlu di kasih penjelasan jangan sampai menjual mercon tersebut. 

MENGAMANKAN INDUK

Induk perkutut yang telah gagal mercon perlu di rawat dengan serius, Berikan menu menu tambahan makanan dan minumannya, juga bisa protein atau ekstra fooding yang mampu untuk mengatasi hal itu. Cek susuhnya, atau ganti yang lebih baik, karena kemungkinan sewaktu ada letusan mercon susu terlalu longgar dan kurang hangat, sehingga susuh morat marit dan telur beradu, bahkan berserakan, nah hal inilah  yang penting untuk di atasi. 

Selanjutnya Periksa keadaan perkutut baik yang betina maupun yang jantan apakah terjadi kelainan pasca mercon, bila iya isolasikan di kamar yang lain.

Perkutut yang gagal mercon biasanya akan kembali pulih bila istirahat induk tercukupi selain tidak setrress lagi  * Semoga muatan ini membuat terinspirasi  “ Fiq *


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Ketupai ekor panjang bermanfaat in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   12110076 Page View
    Visitors   662984 Pengunjung
    Visitor Online   14 Pengunjung Online