majalahburungpas.com portal hobi dan umum update ragam warta, hobi burung, satwa, wisata, umum dan video, klik via hp kamu mulai sekarang juga, twitter @majalahburungpas, Jangan ketinggalan hari gini belum tahu majalahburungpas.com Apa kata Dunia ???
Kembali Ke Index Berita

Perawatan kandang ternak dan menurunkan suhu panas

Minggu, 7 Agustus 2011 | 13:04 WIB
Dibaca: 3434
Perawatan kandang ternak dan menurunkan suhu  panas
PETERNAK PERKUTUT ISWAYUDI MOJOKERTO Jatim

Penyiraman kandang perkutut, muatan majalah perkutut online, Para peternak perkutut terkadang kurang memperhatikan kandangnya di saat musim panas, Musim panas bisa berakibat menurunkannya produksi.

Untuk itu sebaikya peternak  melaksanakan penyiraman kandang  dengan air, agar suhu dalam kandang breeding menjadi stabil saat dimusim panas.

Apabila ini terapkan, maka indukan yang sedang bertelur atau  sedang mengerami akan mendapat suasana suasana sejuk, sehingga sang indukan betah di saranya.  Tips sebagai berikut :

Pertama : Kumpulkan dan bersihkan pakan yang tercecer di lantai apabila memungkinkan. Kemudian soal air minum, ganti  air minumnya agar jangan sampai kotor atau berlumut. Juga periksa atau di ganti bila tempat makan, minum  sudah tidak layak.

Ke Dua,  bila memungkinkan pakan yang sudah di kumpulkan itu  bisa di pakai lagi, dan disaring/ atau dipisahkan  agar dapat di ambil yang masih layak, hal ini di lakukan lokasi tidak tampak kotor,selain kita akan lebih ngirit pakan.

Ke  tiga : Periksa sarang (tempat susuh) agar jangan sampai di pakai untuk bersarang semut, bila sudah tak layak ganti dengan yang baru, agar keadaan lebih baik. Pakailah tempat agar saat bertelur menjadi kerasan dan hangat.  Ambil juga sisa telur bila ada bekas eraman yang gagal menetas, dan  itu jangan di biarkan, karena akan di pakai untuk bersarang semut.

 Setelah beberapa hal tersebut di perhatikan atau mungkin diganti, kemudian periksa juga dinding  kandang akanan kiri, bila ada yang rusak, sebaiknya cepat pula diganti jangan sampai ada yang bolong lebar, sehingga dapat di pakai burung untuk menerobos keluar,atau masuk hewan pengganggu, yang akan berakibat fatal hilangnya burung kesayangan anda.

Ke empat,  bagi lantai kandang yang sudah plesteran cara mengumpulkan pakan yang tercecer, dengan memakai sapu halus.

ATAP KANDANG DI SEMPROT AIR

untuk menjaga agar suhu tidak terlalu panas pada saat terik sinar matahari yang menyengat agar suhu ( stabil) perlu disemprot atau siram lantai tersebut dengan air yang bersih dan merata,dengan memakai selang yang sudah di aliri air yang bersih.

Manfaat kadang yang di semprot pada saat panas menyengat akan mampu menurunkan suhu dalam kandang selain berfungsi mensetabilkan  suhu cuaca agar tidak terlalu panas yang akan berakibatkan telur menjadi matang (gagal netas) manfaat lain, penyiraman itu dapat lebih mengoptimalkan daya tetasnya.

Tutup rapat  pintu agar lebih aman, bila perlu di kunci agar jangan sampai ada tikus atau hewan lain masuk, karena akan mengakibatkan burung takut dan berujung setresnya. Demikian di katakan oleh Peternak Bp.Iswahyudi asal Mojokerto, juga pemilik Talenta Bf.   Red*

 

 


Berita Terkait


Tidak Ada Komentar


Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Ketupai ekor panjang bermanfaat in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   5246860 Page View
    Visitors   373305 Pengunjung
    Visitor Online   22 Pengunjung Online