Di hari raya yang penuh kedamaian ini keluarga besar media majalahburungpas.com, baik staf dan wartawan mengucapkan selamat hari raya idul fitri 1438 H/2017,
Kembali Ke Index Berita

Siswa siswi SMP Patuk Gunungkidul Sudah Tidak Gapteg

Jumat, 25 November 2011 | 20:40 WIB
Dibaca: 3616
Siswa siswi SMP Patuk Gunungkidul Sudah Tidak Gapteg
Laboratorium Komputer SMP Patuk Gunungkidul

Warta kampus sajian majalah burung pas.com. Kini sebuah sekolahan yang berada di dipinggiran kotapun juga bisa menjadi tempat untuk menelorkan sebuah ide dalam mempelajari tehnologi informatika.

Kemajuan siswa dalam menggapai tehnologi ini kedepan akan dapat di rasakan bahkan maksimal, apalagi sekolahan juga jauh dari kebisingan suara-suara mesin dan kendaraan bermotor, tentu dapat menambah betah para siswa untuk belajar.

Seperti halnya di sekolah Menengah Pertama Negeri I Patuk GunungkidulJogjakarta ini juga telah menjadi tempat pembelajaran untuk menuntut ilmu sehingga tidak siswa siswinya tidak gagap tehnologi (gaptek) atau tidak asing, Kondisi yang demikian di memungkinkan siswa-siswinya akan dapat mengukir prestasi serta membanggakan, selain juga menjadi sebuah harapan para tenaga didiknya.

“Ketika media ini berbincang-bincang dengan kepala sekolahnya Dra Hj Suwinarti,MM “Dia menyampaikan sejak 15 Oktober 2011 yang lalu sekolahan kami telah menjadi satu-satunya sekolahan model serta sebagai percontohan yang bertaraf Internasional di Gunungkidul. Ia menambahkan predikat meraih keberhasilan ini tentu saja sebelumnya telah mendapat dukungan terutama dalam

pengembangan ekstrakurikulernya. Para siswa ketika belajar termasuk ekstrakurikulernya tercatat dapat memanfaatkan pelajran dan ini dapat terpantau melalui kegigihan dalam pengembangan program pemanfaatan tehnologi informatika dan Komunikasi dalam rangka meningkatan dan pemerataan mutu pendidikan yang sedang siswa pelajari.

TELAH DI BANGUN LABORATORIUM SWADAYA

SMPN 1 Patuk, Gunungkidul dengan peluncuran program pemanfaatan Tehnologi Informatika dan Komunikasi telah berjalan, mulai 2005, namun untuk meningkatkan fasilitas sekolahan telah membangun laburatorium terlebih dahulu dan itu secara swadaya.

Baru kemudian mulai tahun 2009 mendapatkan sumbangan dari pemerintah berupa 5 buah unit computer untuk keperluan perpustakaan “Tambah kepala sekolah tersebut ketika memberikan jawaban kepada majalah burung pas.com ini. Pencanangan program tersebut pada waktu itu, dihadiri oleh perwakilan dari JICA Jepang  beserta menteri Komunikasi dan Informasi yaitu Tifatul Sambiring”tandasnya kembali.

BANYAK MERAIH PRESTASI

Dibidang yang lain sekolah ini mampu memaksimalkan pembinaan dibidang  keagamaan dan juga dibidang olah raga. Dibidang keagamaan, selama 6 tahun berturut-turut mampu menjadi juara umum untuk pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kabupaten Gunungkidul. Dibidang olah raga, tim footshall SMP 1 Patuk ini, sebanyak dua kali telah  mampu masuk ke kejuaraan tingkat propinsi.

Untuk aktivitas keagamaan sehari-hari, pihak sekolah telah mampu memaksimalkan kegiatan keagamaan secara menyeluruh. Paling tidak prestasi yang dapat diacungi jempol adalah kewajiban bagi seluruh komponen (seluruh pegawai dan siswa) untuk melaksanakan sholat berjamaah. Disamping itu telah mampu menghidupkan semangat sholat dhuha seperti melaksanakan sholat wajib bagi karyawan dan para siswa.

Sementara untuk lomba sekolah  berbasis lingkungan mampu merebut piala ADIWIYATA juara III tingkat Kabupaten Gunungkidul.  Dra Hj Suwinarti,MM selaku Kepala Sekolah SMPN 1 Patuk, Gunung Kidul dalam kesempatan yang sama menjelaskan bahwa saat ini proyek yang sedang digarap dan membutuhkan banyak bantuan dari beberapa pihak adalah pembangunan laboratorium Tehnologi Informatika dan Komunikasi tahap kedua.

DIDUKUNG SARANA  COMPUTER DAN SARANA LCD

Dengan 473 siswa dirasakan perlunya penambahan komponen pendukung, sebab hingga saat ini baru ada 3 ruang yang terpasang LCD permanent, ditambah dengan 1 LCD Mobile (yang dipindah-pindah) Dengan usaha penambahan ruang Laboratorium Tehnologi Informatika dan Komunikasi tahap kedua ini telah mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa 21 unit computer, tower, jaringan, LCD dan printer yang apabila diuangkan mencapai angka lebih kurang 200 juta.

Pada akhir kesempatan kepala sekolah dan  ketua pengembangan Tehnologi, Informatika dan Komunikasi SMP 1 Patuk yaitu Munsoji, MPd menyampaikan harapannya agar sekolah yang sedang di pimpin saat ini benar-benar bisa memberikan satu kemanfaatan serta maksimal bagi para siswa apalagi bagi  masyarakat yang menyekolahkan di tempat ini. (Syam, Aries)

             


Berita Terkait


5 Komentar


mardiyono
Kamis, 19 Januari 2012 | 00:52 WIB
semoga sukses selalu untuk smp n 1 patuk
Balas
ayu yanuari.s
Minggu, 15 Juli 2012 | 19:43 WIB
Suatu hal yang membanggakan, SMP N 1 patuk bisa lebih maju dalam segala hal terutama dalam TIK.. Semoga tambah sukses !!!!!
Balas
Sari
Senin, 25 November 2013 | 21:28 WIB
Semoga SMP N 1 Patuk Gunungkidul semakin maju. Sebagai salah satu alumni SMPN 1 Patuk Gunungkidul, saya merasa senang dan bangga dengan kemajuan yang ada.
Balas
Tri Setiyawan
Jumat, 8 Januari 2016 | 20:04 WIB
Saya lulusan tahun 2011, sempet lah ngerasain PC baru berOS linux. Tapi denger kabar, PCnya digondol maling:(
Balas
Melly
Rabu, 29 Juni 2016 | 01:49 WIB
Well done to think of sontmhieg like that
Balas

Tinggalkan Komentar


*) Wajib Diisi







     


PAS Tv
Watch Kura kura galapagos suka makan kacang panjang in single page?

PAS Images

Surat Pembacashow all

Statistik Website


    Page Views   11830019 Page View
    Visitors   649036 Pengunjung
    Visitor Online   13 Pengunjung Online